PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

International Conference dan Cross-Culture Event, Kolaborasi Prodi MBI dengan Konjen India.

Selasa, 13 Agustus 2024

16:10 WITA

Badung

1460 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

International Conference serta kegiatan cross culture di gedung Widya Guna, Selasa 13 Agustus 2024. sumber foto : ist/SD

Pendidikan, suaradewata.com – Politeknik Negeri Bali (PNB) kembali menunjukkan komitmennya dalam memperkuat hubungan internasional melalui kolaborasi dengan Konnsul Jenderal (Konjen) India dan Pusat Kebudayaan Swami Vivekananda, Bali. Kerjasama ini diresmikan melalui penandatanganan Letter of Intent (LOI) yang melibatkan Program Studi Manajemen Bisnis Internasional (MBI), Jurusan Administrasi Bisnis.

Disaksikan jajaran pimpinan, ditandatanganinya LoI, antara Nyoman Indah Kusuma Dewi selaku Ketua Jurusan Administrasi Bisnis (AB) dengan Mr. Naveen Meghwal selaku Direktur SVCC Bali. Prodi Manajemen Bisnis Internasional (MBI) Politeknik Negeri Bali, resmi menjalin kerjasama dengan Konsulat Jenderal India di Bali untuk menyelenggarakan International Conference serta kegiatan cross culture yang melibatkan Pusat Kebudayaan Swami Vivekananda (SVCC). Yang juga melibatkan UKM Kesenian Daerah (Kesda), dan UKM Kesenian Nasional (Kesnas) dalam penyelenggaraan International Conference dan kegiatan cross-culture berupa International Workshop Manipuri Dance, berlokasi di gedung Widya Guna, Selasa 13 Agustus 2024.

Acara dimulai dengan sambutan dari Wadir Bidang Kemahasiswaan dan Alumni PNB, I Gusti Ngurah Bagus Catur Bawa, yang menekankan pentingnya kerjasama internasional ini sebagai upaya memperkaya wawasan mahasiswa sekaligus mempererat hubungan budaya antarnegara. "Kami sangat mengapresiasi dukungan dari Konjen India dan SVCC Bali dalam mewujudkan kolaborasi yang dapat memberikan nilai tambah bagi mahasiswa dan institusi kami," ujar Bagus Catur Bawa dalam sambutannya.

Konsul Jenderal India di Bali, Dr. Shashank Vikram, dalam pidatonya, menyoroti peran penting SVCC dalam mempromosikan budaya India dan memperkuat hubungan antarbangsa melalui berbagai kegiatan budaya. "Pusat Kebudayaan Swami Vivekananda beroperasi di bawah naungan Dewan Hubungan Kebudayaan India (ICCR) dan Kementerian Luar Negeri Pemerintah India, dengan tujuan utama mempromosikan budaya India dan menyebarkan informasi tentang India untuk memperkuat hubungan antar manusia," jelas Dr. Vikram. Beliau juga menambahkan bahwa SVCC Bali telah menyelenggarakan kelas-kelas Tarian Klasik India, Yoga, bahasa Hindi, dan Sansekerta sebagai bagian dari misinya.

Setelah sambutan dan pidato pembukaan, acara berlanjut dengan workshop Lokakarya Tari Manipuri yang dipandu oleh Shri Mangsidam Basanta Singh, Ketua Kelompok Sangeet Kala Sangam. 

Lokakarya ini memberikan kesempatan bagi para peserta untuk mempelajari dan memahami lebih dalam tentang seni Tari Manipuri, salah satu bentuk tarian klasik India yang kaya akan makna budaya.

Puncak acara diisi dengan pertunjukan “Tari Manipuri” karya Sangeet Kala Sangam yang memukau para hadirin. Sebagai penutup, Mr. Naveen Meghwal, Direktur SVCC Bali, menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak PNB atas dukungannya dalam menyukseskan acara ini. Mereka berharap kerjasama ini dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang besar bagi kedua belah pihak.

Perlu diketahui bahwa Manipuri Dance Peformance by Sangeet Kala Sangam selama di Indonesia mengunjungi 5 kota Besar , Jakarta, Bali, Medan, Yogyakarta serta Surabaya. PNB patut berbangga satu-satunya Perguruan Tinggi di Bali yang berkolaborasi menyelenggarakan International Conference serta kegiatan cross culture ini. 

Pada akhir acara, pihak PNB menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam kesuksesan acara ini, khususnya kepada Konsulat Jenderal India di Bali dan SVCC. Kolaborasi ini diharapkan dapat membuka jalan bagi kerjasama lebih lanjut di masa depan, memperkuat hubungan budaya dan akademis antara Indonesia dan India.rls/gin/adn


Komentar

Berita Terbaru

\