PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Sandiaga Uno Hadiri Alas Kedaton Fun Run, Dorong Sport Tourism dan Produk Lokal

Senin, 09 September 2024

11:38 WITA

Tabanan

2019 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Sandiaga Uno Hadiri Alas Kedaton Fun Run, Dorong Sport Tourism dan Produk Lokal. (istimewa)

Tabanan, suaradewata.com  – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno, hadir dalam acara Alas Kedaton Fun Run yang digelar di Desa Kukuh, Kecamatan Marga, Tabanan, pada Minggu (8/9/2024). Acara ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mempromosikan sport tourism dan mendorong peningkatan produksi produk olahraga lokal.

Sandiaga mengungkapkan bahwa pengembangan pariwisata berbasis olahraga tidak hanya efektif dalam meningkatkan kunjungan wisatawan, tetapi juga memberikan dampak positif bagi kesehatan masyarakat. "Selain mengundang lebih banyak wisatawan, *sport tourism* juga dapat menyehatkan masyarakat. Ini adalah bagian dari quality tourism," ujarnya.

 

Sebagai salah satu destinasi yang kaya akan keindahan alam, Alas Kedaton direncanakan menjadi pusat berbagai festival, mulai dari festival musik, film, hingga kegiatan budaya seperti yoga, festival layang-layang, dan bersepeda, untuk menarik lebih banyak wisatawan.

Acara Fun Run ini mengundang sekitar 500 pelari yang dengan cepat memenuhi kuota pendaftaran dalam waktu hanya dua jam setelah dibuka. Dengan jarak tempuh 10 kilometer, para peserta berlari melintasi area alam yang indah di Desa Kukuh, termasuk persawahan organik di Subak Jaka, yang kerap dijadikan lokasi syuting iklan dan film Korea.

Selain menikmati keindahan alam, Sandiaga juga memuji keramahan masyarakat setempat yang menjadi daya tarik tersendiri. "Jika lebih banyak acara seperti ini digelar, Alas Kedaton akan kembali ramai dikunjungi wisatawan," ungkapnya.

 

Setelah acara lari, kegiatan dilanjutkan dengan talkshow yang menghadirkan Sandiaga Uno, Sekda Tabanan I Gede Susila, Perbekel Desa Kukuh I Made Sugianto, dan Manajer DTW Alas Kedaton I Wayan Sudarma. Dalam diskusi tersebut, Sekda Gede Susila berharap kunjungan ke Alas Kedaton bisa kembali meningkat, mengingat kawasan ini pernah menjadi salah satu andalan pariwisata Tabanan sebelum fokus kunjungan wisatawan bergeser ke destinasi lain seperti Ulun Danu Beratan dan Tanah Lot.

Dengan berbagai upaya pengembangan dan promosi, Alas Kedaton diharapkan bisa kembali bersaing sebagai destinasi unggulan di Bali. ayu


Komentar

Berita Terbaru

\