PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Ini Keuntungan Jika Kubu Dijadikan Sentra Galian C

Selasa, 07 Maret 2017

00:00 WITA

Denpasar

3763 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata

Denpasarsuaradewata.com - Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, dipandang layak untuk dijadikan sentra galian golongan C di Bali. Pasalnya, lahan seluas kurang lebih 3.500 hektar di kawasan tersebut, saat ini dipenuhi dengan material berupa batu, kerikil dan pasir setinggi 10-25 cm akibat letusan Gunung Agung tahun tahun 1963 lalu.
Jika material tersebut dibiarkan, maka kawasan tersebut akan menjadi tidak produktif karena tidak bisa dimanfaatkan untuk pertanian. Padahal sebelum Gunung Agung meletus, lahan tersebut merupakan lahan produktif serta biasa dimanfaatkan sebagai lahan pertanian oleh masyarakat.

Hal ini dilontarkan anggota DPRD Provinsi Bali Nyoman Tirtawan, di Denpasar, Selasa (7/3). Mencermati hal tersebut, Tirtawan kembali mendorong pemerintah, agar mulai mengkaji usulan yang sudah sejak lama dilontarkan, yakni menjadikan kubu sebagai sentra galian C.

"Kami tidak bosan-bosannya mengusulkan dan mendorong pemerintah agar menjadikan Kubu sebagai sentra galian C di Bali," ujar Tirtawan, yang juga anggota Fraksi Panca Bayu DPRD Provinsi Bali.

Menurut dia, sudah berulangkali pihaknya mengusulkan hal tersebut kepada pemerintah. Sayangnya, sejauh ini belum ada pembahasan terkait hal ini. Padahal jika dicemati, demikian Tirtawan, usulan tersebut sangat realistis dan memberikan banyak dampak positif bagi Bali, apabila diwujudkan.

Politisi Partai NasDem itu bahkan menyebut, setidaknya ada 4 keuntungan yang didapatkan apabila Kubu dijadikan sentra galian C. Pertama, Bali tidak akan kesulitan dalam memenuhi material untuk pembangunan, apabila daerah kubu menjadi sentra galian C. "Jadi khusus untuk material berupa batu, pasir atau kerikil, tidak perlu lagi kita bawa dari luar Bali," ucapnya.

Kedua, selama Kubu dijadikan sentra galian C maka dipastikan akan banyak tenaga kerja yang terserap. "Jadi kita sekaligus memberikan masyarakat lapangan pekerjaan. Mereka bekerja secara legal, tanpa takut usahanya ditutup seperti kejadian saat ini," tutur politisi asal Buleleng itu.

Ketiga, dengan menjadikan Kubu sebagai sentra galian C, maka dipastikan harga material di Bali akan terjangkau. "Tidak ada lagi harga material yang mahal. Apalagi untuk angkutan materialnya, bisa melalui laut, bisa juga melalui darat. Jadi, ada banyak manfaat yang kita petik jika daerah itu dijadikan sentra galian C," tandas Tirtawan.

Keempat, lahan yang saat ini dijejali batu, pasir dan kerikil setinggi 10-25 cm akan menjadi produktif kembali setelah materialnya diangkat. "Bayangkan lahan seluas itu kembali produktif dan dimanfaatkan sebagai lahan pertanian sebagaimana sedia kala sebelum Gunung Agung meletus. Itu sangat membantu para petani kita ke depan," jelas Tirtawan.

Ia berkeyakinan, akan ada banyak manfaat lainnya yang didapatkan pemerintah dan masyarakat apabila usulan menjadikan Kubu sebagai sentra galian C ini dapat benar-benar direalisasikan. "Sekarang tergantung pemerintah, mau tidak mewujudkan hal ini. Karena bagi saya, pemerintah layak mengkaji usulan ini," pungkas anggota Komisi I DPRD Provinsi Bali ini.san/aga


Komentar

Berita Terbaru

\