PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Membangun Jaringan Intelejen Pecalang

Minggu, 03 Juli 2016

00:00 WITA

Gianyar

3914 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata

Gianyar, suaradewata.com - Sekitar 150 pecalang seluruh kabupaten Gianyar mendapatkan pelatihan singkat ilmu intelejen dari Kepolisian Resor Gianyar, Sabtu (2/7) di Aula Serbaguna Mapolres Gianyar. Pelatihan intelejen bertujuan meningkatkan sinergitas Polri dan desa pekraman mewujudkan stabilitas kamtibmas.
 
Dalam pembinaan ilmu intelejen, para pecalang mendapatkan pendidikan singkat menjaga harkamtibmas desa pekraman dan bagaimana mengolah informasi tatkala ada kecurigaan yang dapat mengancam keamanan desa pekraman. Kapolres Gianyar AKBP Waluya SIK mengatakan, para pecalang di Gianyar diberikan pembekalan pengetahuan dan keterampilan serta materi intelejen untuk diasah. "Pecalang adalah mata dan telinga kepolisian melalui sebagai ujung rombak di masyarakat bersama Babinsa dan Babinkamtibmas. Jika ada yang dicuriga, pengetahuan intelejen bisa digunakan" ungkap AKBP Waluya.
 
Pecalang sebagai polisi desa pekraman patut memiliki ilmu intelejen agar mampu memprediksi, menganalisa situasi kamtibmas di desanya masing - masing. Koordinasi pecalang dengan kepolisian harus dimantapkan untuk menjaga keamanan di kabupaten Gianyar. "Kemampuan intelejen pecalang harus diasah agar lebih peka, untuk itu kegiatan Pecalang Intelegent Network (PIN) akan terus dilakukan agar semua pecalang mendapatkan ilmunya" tambah Kapolres.
 
Salah satu pecalang I Wayan Budiarta mengungkapkan kegiatan ini bisa membantu pecalang dalam melaksanakan tugas di wilayah masing-masing. Ilmu yang diterima tentu bisa diterapkan di lingkungan atau wilayahnya. Kemampuan yang dimiliki para pecalang tentu semakin bertambah, kewaspadaan terhadap orang-orang yang mencurigakan yang bisa menimbulkan sesuatu yang tidak diinginkan. "Para pecalang semakin mampu membaca situasi lingkungannya," harap Budiarta. gus


Komentar

Berita Terbaru

\