PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Kembalikan Pasar Pro Rakyat, Ikatan Pedagang Pasar Indonesia Dukung Kakarsana-Tagel

Jumat, 20 September 2024

11:48 WITA

Gianyar

2007 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

IKAPPI Bali sampaikan dukungan ke Paslon KATA, sumber : ist.

Gianyar, suaradewata.com - Kondisi pedagang pasar di Kabupaten Gianyarsaat ini menjadi sorotan banyak pihak. Gagasan dan arah kebijakan baru diperlukan agar pasar tidak hanya sekadar terbangun secara fisik, tetapi juga dapat berfungsi secara efektif.

Keinginan untuk mengembalikan fungsi pasar yang pro rakyat, menjadi dasar bagi Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Bali, untuk mendukung pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Gianyar dari Koalisi Indonesia Maju Plus, Anak Agung Ngurah Kakarsana dan I Wayan Tagel Arjana (KATA). Dukungan disampaikan langsung oleh Ketua DPW IKAPPI Bali, Sudadi Murthado, Kamis (19/9/2024) di Puri Blahbatuh, Gianyar. Pasangan KATA dengan gagasan kepemimpinan baru di Gianyar disebut akan membawa arah kebijakan baru yang lebih memerhatikan kondisi pedagang pasar.

Dukungan dari IKAPPI diterima Bacalon Wakil Bupati Gianyar, Wayan Tagel Arjana bersama relawan. Dihadapan Tagel Arjana, Sudadi Murthado menjelaskan IKAPPI memberikan dukungan kepada Paslon Gubernur dan Paslon Bupati/Walikota yang sejalan dengan kebijakan IKAPPI, dimana pedagang pasar mendapat perhatian serius dari pemerintah. Dikatakan Murtadho, saat ini yang dibutuhkan pedagang pasar bukan bangunan yang megah, melainkan bangunan pasar yang sesuai dengan kebutuhan pedagang pasar terutama terkait kemudahan akses sehingga bisa ramai pembeli."Tentunya pedagang pasar butuh tempat yang representatif, mudah diakses, ramai pembeli, bersih dan nyaman sesuai dengan hakekat pedagang pasar tradisional," jelas Murtadho.

Menurut Murtadho, saat ini pedagang pasar di Gianyar terus dihimpit kondisi menurunnya pendapatan karena fungsi pasar yang belum optimal serta persaingan dengan toko modern dan toko berjejaring. "Pedagang pasar terus terdesak, bahkan pendapatan terus menurun dan jumlah pedagang pun terus menurun," bebernya. Dengan dukungan dan komitmen dari paslon KATA, pedagang pasar kedepan akan kembali mendapat haknya sebagai pedagang pasar yang diperhatikan baik dari sisi tempat berjualan dan juga kemudahan untuk mendapatkan pembeli.

Dalam kesempatan itu, Bacawabup KATA, Wayan Tagel Arjana mengakui kondisi Pasar Rakyat Gianyar yang terbangun tidak menunjukkan sisi kerakyatan. "Dibangun atas nama rakyat, namun belum menunjuk kankomitmen kepada pedagang pasar yang berasal dari rakyat," jelas Tagel Arjana. Kedepannya untuk pembangunan pasar di desa akan selalu duduk bersama dengan IKAPPI dan sebagai pemimpin nanti akan lebih banyak mendengar. Tagel Arjana juga menyatakan terima kasih atas dukungan dari pedagang pasar Gianyar yang jumlahnya mencapai 8.000 pedagang dan UMKM yang jumlahnya mencapai 60.000. "Dengan dukungan ini, kami yakin paslon KATA akan menjadi harapan baru bagi masyarakat Gianyar, untuk menjadi Pemimpin Baru mewujudkan Gianyar Maju," jelas Tagel Arjana optimis. gus/ari


Komentar

Berita Terbaru

\