PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Wujud Semangat Buleleng Bangga Nusantara, Buleleng Masih Gelar Gerak Jalan 45 Km

Minggu, 11 Agustus 2024

14:17 WITA

Buleleng

1468 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Para peserta Gerak Jalan 45 Km. sumber foto : sad/SD

Buleleng, suaradewata.com- Semangat patriotisme tampak terlihat dari para peserta Gerak Jalan 45 Km yang kerap dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Buleleng serangkaian HUT Kemerdekaan RI.

Sebanyak 28 regu peserta gerak jalan dewasa putra 45 Km yang terdiri dari 21 regu ditambah 7 regu dari unsur TNI dan Polri dengan derap langkah yang padu mulai start di lapangan Desa Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak melesat cepat menelusuri jalan raya menuju etape I di lapangan Seririt lanjut ke etape II di patung dolphin Lovina dan ke garis finish di Jalan Ngurah Rai Singaraja tepatnya di jalan raya di depan Taman Kota Singaraja.

Digaris finish peserta Gerak Jalan 45 Km tadinya berjumlah 28 regu yang berhasil mencapai garis finish sebanyak 24 regu. Dan yang tidak mencapai garis finish sebanyak 4 regu, diantaranya Dinas Pertanian, PD Pasar, Remaja Kaliasem, serta SMKN 1 Seririt.

Dari pantauan media ini tampak terlihat semangat membara tercermin para peserta saat Pj. Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana melepas peserta gerak jalan 45 Km dewasa putra memeriahkan HUT Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024 di langan sepak bola Desa Celukan Bawang.

Dalam kata sambutannya, Pj. Bupati Lihadnyana mengaku lebih mengutamakan melepas peserta gerak jalan 45 Km ketimbang pergi ke Jakarta untuk menerima penghargaan. 

“Saya lebih baik hadir disini, saya merasa bangga dengan semangat peserta gerak jalan, dimana semangat masyarakat Buleleng sebagai wujud jiwa patriotisme dan nasionalisme melalui lomba gerak jalan 45 Km dewasa putra ini,” ucap Lihadnyana sebelum melepas peserta gerak jalan di Lapangan Umum Desa Celukan Bawang pada Sabtu (10/8/2024) malam.

Gerak jalan 45 Km yang merupakan agenda rutin setiap perayaan HUT Kemerdekaan RI di Tahun 2024 di Buleleng ini bertemakan "Nusantara Baru, Indonesia Maju" sedangkan 

sub temanya "Buleleng Berbangga untuk Nusantara”. Alasan memilih sub tema ini, ucap tegas Lihadnyana karena masyarakat Buleleng patut berbangga banyak prestasi sudah di raih putra putri terbaiknya, baik nasional maupun internasional.

”Setelah 8 tahun menunggu, kita punya wakil Paskibraka di Jakarta. Begitu juga atlet panjat tebing yang berlaga di Olimpiade Paris telah meraih medali perunggu. Luar biasa. Itulah sebabnya saya membuat tagline "Kita Patut Berbangga untuk Nusantara yang Kita Cintai." setuju atau tidak? jawab yang di belakang, setuju kita bangga jadi orang Buleleng,” ucapnya penuh semangat.

Iapun menyampaikan permohonan maafnya kepada warga masyarakat, atas ketidak lancaran arus lalu lintas karena kegiatan gerak jalan ini. Mengingat hal Ini semua merupakan bentuk kebersamaan dan euforia masyarakat Buleleng.

“Mudah-mudahan kepada seluruh peserta bisa mencapai garis finish dengan selamat dan bisa menyajikan yang terbaik,” pungkas Lihadnyana. 

Sementara itu dalam laporannya Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Kadisdikpora) Buleleng selaku ketua panitia menyampaikan total hadiah yang disediakan sebesar Rp. 110 juta dengan peserta 21 regu ditambah 7 regu dari unsur TNI dan Polri dari total peserta sebanyak 28 regu.

“Juara I memperoleh piala tetap, piagam dan hadiah uang sebesar Rp. 50.000.000,-, juara II memperoleh piala tetap, piagam dan hadiah uang sebesar Rp. 35.000.000,-, juara III memperoleh piala tetap, piagam dan hadiah uang sebesar Rp. 25.000.000,-, juara harapan I memperoleh piagam, juara harapan II memperoleh piagam, juara harapan III memperoleh piagam,” sebutnya.

Adapun rute yang dilalui yaitu START di Lapangan Sepak Bola Celukan Bawang – Jl. Pintu Gerbang Masuk Pelabuhan Celukan Bawang – Desa Tinga – Tinga – Desa Celukan Bawang – Br. Tegal Lenga – Desa Br Asem – Desa Yeh Anakan – Desa Ume Anyar – Finish Lapangan Umum Seririt – Start Etape I : Lapangan Umum Seririt – Desa Sulanyah – Desa Tangguwisia – Desa Kalianget – Desa Banjar – Desa Dencarik – Desa Temukus – Desa Kaliasem – Finish Etape II Patung Lumba – Lumba Pantai Lovina Desa Kalibukbuk – Start Etape II : Depan Lapangan Voli Pantai Lovina Desa Kalibukbuk – Desa Anturan – Desa Tukad Mungga – JL. A. Yani – JL. Sudirman – Jl. Pahlawan – JL. Veteran – Jl. Gajah Mada – Jl. Dr. Sutomo – Jl. A. Ayani – Jl. Kartini – Jl. Udayana – Jl. Ngurah Rai – Finish Di Depan Air Mancur Taman Kota Singaraja.sad/adn


Komentar

Berita Terbaru

\