PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

[email protected]

Ketua DPRD Tabanan Dorong Seniman Berikan Penampilan Terbaik di PKB 2024

Kamis, 13 Juni 2024

20:21 WITA

Tabanan

1329 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Tabanan, suaradewata.com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tabanan, I Made Dirga, mengharapkan para seniman yang akan tampil di Pesta Kesenian Bali (PKB) 2024 memberikan penampilan terbaik mereka. Acara PKB dijadwalkan berlangsung dari 15 Juni hingga 13 Juli 2024. Sebelumnya, Kabupaten Tabanan telah menggelar PKB tingkat kabupaten pada 8 dan 9 Juni 2024.

"Kita harus menampilkan performa yang maksimal. Ingat, di Tabanan ada maestro tari kebyar I Ketut Marya. Spiritnya bisa dijadikan motivasi untuk berkarya," ujar Dirga pada Rabu (12/6/2024).

Politisi PDI Perjuangan asal Banjar Sakeh, Desa Sudimara ini juga berharap para seniman dapat berkarya dengan tulus, tidak hanya untuk Tabanan tetapi juga demi keberlanjutan seni di Pulau Dewata. "Seni adalah nafas dari kebudayaan Bali," tambahnya.

PKB tingkat Kabupaten Tabanan sebelumnya dibuka oleh Bupati I Komang Gede Sanjaya, bersama Ketua Tim Penggerak PKK Tabanan Rai Wahyuni Sanjaya, dan Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga, di Panggung Terbuka Garuda Wisnu Singasana. Pembukaan ini dimeriahkan dengan berbagai penampilan seni menarik, seperti Sekaa Gong Kebyar Anak-Anak, Sekaa Gong Kebyar Wanita, dan Sekaa Gong Kebyar Dewasa.

Beberapa penampilan lain yang turut meramaikan acara antara lain Tari Jayaning Singasana AUM oleh Gong Kebyar Wanita, Tari Pendet Pangkung oleh Gong Kebyar Anak-Anak, Tari Kekebyaran oleh Gong Kebyar Dewasa, Dramatari Dolanan oleh Gong Kebyar Anak-Anak, Sandyagita oleh Gong Kebyar Wanita, dan Fragmentari oleh Gong Kebyar Dewasa. Selain itu, terdapat pameran lukisan dan kerajinan serta stand kuliner yang menambah semarak acara.

Pesta Kesenian Bali ke-46 tahun 2024 mengusung tema “Jana Kerthi: Paramaguna Wikrama” yang berarti harkat martabat manusia unggul. Tema ini sangat relevan dengan visi Pemerintah Kabupaten Tabanan, yaitu “Nangun Sat Kerthi Loka Bali, melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana di Kabupaten Tabanan Menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul, dan Madani (AUM)”. Aspek Jana Kerthi ini sangat penting dalam mewujudkan visi besar tersebut.

Dengan semangat dan dedikasi para seniman, PKB 2024 diharapkan dapat menjadi wadah untuk menunjukkan kekayaan budaya Bali dan memperkuat identitas seni lokal, serta memberikan inspirasi bagi generasi mendatang. ayu/adn


Komentar

Berita Terbaru

\