PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

[email protected]

Joged Senonoh.. Viral Di Medsos, Disbud Buleleng Satukan Persepsi Pakem Joged Bumbung

Kamis, 13 Juni 2024

09:29 WITA

Buleleng

1243 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Kadis Kebudayaan Wisandika. sumber foto :sad/SD

Buleleng, suaradewata.com- Peduli dengan tampilan tarian Joged Bumbung yang keluar dari rel pakem yang sesungguhnya, dan cendrung menampilkan tarian yang senonoh, pihak Dinas Kebudayaan (Disbud) Kabupaten Buleleng menggelar acara pembinaan dan satukan persepsi kepada para Kelian Desa Adat se-Kabupaten Buleleng.

Dalam kegiatan ini, bertemakan 'Menjaga Warisan Adiluhung Tari Joged Bumbung Dengan Pakem yang Benar' dengan menghadirkan dua narasumber yaitu dari seniman Buleleng Wayan Sujana dan dari Sasana kepemangkuan Jro Mangku Ketut Wijana, bertempat di Gedung Sasana Budaya, Singaraja pada Rabu, (12/6/2024).

Kadis Kebudayaan Wisandika mengatakan acara ini bertujuan untuk menyatukan persepsi terkait aturan-aturan yang berlaku dalam tarian Joged Bumbung, agar terhindar dari kesan senonoh.

"Terkait viralnya joged bumbung di media sosial, kami mengundang para kelian adat untuk menyatukan persepsi terkait aturan-aturan yang benar dan jauh dari kesan senonoh," ucap Wisandika menegaskan.

Menurutnya dengan adanya kerjasama dengan para kelian adat, mengedukasi mengenai tari joged bumbung yang benar dapat diberikan kepada masyarakat.

"Kedepan, jika menampilkan joged bumbung, kelian desa adat dapat berkoordinasi kepada pihak panitia dan sekeha joged untuk selalu mengikuti pakem-pakem yang telah ditentukan," ujarnya.

Wisandika menambahkan bahwa pihaknya juga akan mengundang sanggar-sanggar tari yang ada di Buleleng untuk menyamakan persepsi terkait aturan-aturan yang berlaku, sehingga kejadian seperti viralnya joged bumbung di media sosial tidak terjadi lagi.

"Kami harapkan dengan adanya acara pembinaan ini, para kelian adat dan sanggar tari di Buleleng dapat memahami dengan baik aturan-aturan yang benar dalam tari joged bumbung. Sehingga, tari joged bumbung dapat dilestarikan dan ditampilkan dengan cara yang sopan sesuai dengan adat istiadat masyarakat Bali." pungkasnya. sad/adn


Komentar

Berita Terbaru

\