PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

KKN PPM Desa Tengkulung, Manfaatkan Digitalisasi Jaga Alam Tetap Lestari

Kamis, 20 Juli 2023

12:35 WITA

Badung

1915 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Mahasiswa Politeknik Negeri Bali telah melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) di Desa Tengkulung, Tanjung Benoa, Kuta Selatan, Badung.

Badung, suaradewata.com - Mahasiswa Politeknik Negeri Bali telah melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) yang di bagi pada 12 titik desa di Bali, salah 

satunya Desa Tengkulung, Tanjung Benoa, Kuta Selatan, Badung. KKN PPM tahun 2023 ini menyongsong tema Sinergitas Menuju Digitalisasi Desa Berbasis Green Tourism. 

 

Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk berkontribusi secara nyata 

kepada masyarakat. Mengabdi dan membangun hubungan baik dengan masyarakat desa sebagai tanggung jawab atas Tri Dharma Perguruan Tinggi.

KKN yang berlangsung selama 14 hari dari tanggal 7-20 Juli 2023 dimaksimalkan oleh mahasiswa melalui pelaksanaan program kerja sebagai solusi permasalahan desa yang sejalan dengan tema kegiatan ini. 

 

Adapun program kerja yang dilaksanakan yaitu Pemetaan Wilayah Pantai untuk memberikan gambaran jelas sebagai acuan desa dalam membangun infrastruktur fisik 

pariwisata. Program kerja selanjutnya yaitu Workshop Digital Marketing - Sosial Media & Konten yang memberikan pandangan kepada masyarakat desa untuk mulai memanfaatkan perkembangan teknologi digital secara bijaksana, aktif dan kreatif sehingga dapat memberikan manfaat positif bagi pengembangan setiap potensi yang ada di desa. 

 

“Workshop ini kami apresiasi sangat baik sekali, impactnya baik untuk wawasan, pengembangan SDM terkait sosial media dan penggunaan cerdas sosial media khususnya para Yowana/Sekaa Teruna Teruni disini sehingga lebih meningkatkan kapasitas diri dalam pengembangan organisasi dan karir mereka,” ujar Kepala Lingkungan Tengkulung Kelurahan Tanjung Benoa I Wayan Deddy Sumantra.

 

Lokasi Desa Tengkulung yang berada dekat dengan wilayah pantai memiliki potensi daya tarik wisatawan yang tinggi sehingga diperlukan langkah untuk memberikan informasi terkait potensi yang ada. Program kerja Pengembangan Potensi Desa dilakukan melalui promosi potensi watersport, pulau penyu, dan pengembangan ide bagi UMKM dengan memanfaatkan kemudahan dari adanya digitalisasi.

 

Sebagai upaya meningkatkan potensi desa melalui sisi lain yaitu keuangan desa, KKN PPM Desa Tengkulung memberikan sosialisasi dan pelatihan pembukuan bagi LPD dan BUPDA Desa Adat Tengkulung. Program kerja ini dilaksanakan untuk membantu pihak LPD Desa Tengkulung mengelola keuangan agar lebih terstruktur dengan memanfaatkan digitalisasi.

 

Adapun program kerja lainnya sebagai wujud pengabdian kepada Desa Tengkulung dilakukan dengan memasang CCTV pada wilayah Pura Dalem Tengkulung, Pembersihan Pesisir Pantai dan mendirikan plang himbauan menjaga kelestarian Pantai Telaga Waja.

 

"Seluruh program kerja yang dilaksanakan selama KKN PPM PNB 2023 diharapkan dapat membangun kesadaran seluruh masyarakat tidak terkecuali wisatawan untuk dapat menikmati potensi desa di era digitalisasi dengan tetap bertanggung jawab dalam menjaga kelestariannya sehingga menjadi wisata yang berkelanjutan," ungkap Perwakilan KKN PPM PNB Desa Tengkulung 2023, I Gusti Ayu Agung Nararatna Mirah, Kamis, (20/07/2023).rls/ang/adn


Komentar

Berita Terbaru

\