PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Diguyur Hujan Deras, Atap Gedung SDN 1 Gadung Sari Ambruk

Selasa, 30 Agustus 2022

17:00 WITA

Tabanan

1990 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Gedung SDN 1 Gadungan ambruk, akibat faktor usia bangunan yang sudah tua dan sempat diguyur hujan deras pada Senin malam (29/8). Foto : ISTIMEWA

Tabanan, suaradewata.com – Akibat diguyur hujan deras sejak Senin malam (29/8/2022), atap gedung SDN 1 Gadung Sari, Desa Gadung Sari, Kecamatan Selemadeg Timur, Tabanan ambruk Selasa pagi (30/8/2022).

 

Kepala SDN 1 Gadung Sari, I Nyoman Widana menyampaikan bahwa peristiwa ambruknya gedung tersebut diketahui Selasa pagi sekitar pukul 07.15 WITA.Dimana ketika itu, guru yang tiba di sekolah sudah mendapati atap sekolah ambruk. "Begitu tiba di sekolah, atap gedung sudah ambruk. Jadi kami perkirakan ambruknya itu malam ketika hujan dera,” tegasnya.

 

Ia menyebutkan jika gedung yang ambruk adalah gedung yang digunakan sebagai ruang kelas 1, 2 dan 3 dengan ukuran 9 meter x 8 meter. Selain karena diguyur hujan, Widana mengakui jika ambruknya atap gedung ini disebabkan oleh faktor umur gedung yang diakuinya sudah cukup tua. “Karena memang dibeberapa bagiannya seperti atap dan plafon yang sudah lapuk. Jadi sebelum ambruk, kita sudah melakukan beberapa antisipasi, salah satunya adalah memindahkan meteran listrik dan instalasi wifi pada awal pekan lalu, sehingga bisa meminimalkan kerugian,” imbuhnya.

 

Bangunan itu pun sejatinya sudah sempat mendapat perbaikan ringan dibagian atap. Terakhir perbaikan tahun 2013 hanya saja karena kondisi alam, maka kayu atap mudah lapuk.

Atas kondisi ambruknya atap, maka siswa yang kelasnya ambruk terpaksa belajar di tempat berbeda. Untuk kelas 1 yang jumlahnya 9 orang belajar di parkir Paud yang berada di sebelah sekolah, kemudian kelas II yang jumlahnya 11 orang belajar di emper kelas, dan kelas 3 jumlahnya 8 orang di ruangan yang biasanya digunakan untuk pertemuan. 

 

Lebih lanjut dirinya mengatakan jika SDN 1 Gadung Sari ini berdiri tahun 1951. Dulunya SDN 1 Gadung Sari ini adalah SDN 2 Gadungan. Karena terjadi pemekaran wilayah, maka menjadi SDN 1 Gadung Sari. Total SD 1 Gadungan Sari memiliki 41 siswa yang berasal dari tiga banjar yang merupakan satu rayon.

 

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tabanan, Nyoman Srinadha Giri, mengatakan bahwa ambruknya bangunan di SDN 1 Gadung Sari, diduga karena kontruksi bangunan yang sudah lapuk di maka  usia dan ditambah dengan faktor alam, yakni hujan deras yang mengguyur sejak Senin malam. “Diperkirakan musibah ini menyebabkan kerugian mencapai Rp 250 Juta, karena perbaikan yang dilakukan harus menganti total kontruksi bangunan gedung," pungkasnya. ayu/yok

 


Komentar

Berita Terbaru

\