PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

ODHA di Klungkung Dapat Bantuan Dana

Minggu, 02 Desember 2018

00:00 WITA

Klungkung

2371 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata.com

Klungkung, suaradewata.com - Serangkaian  memperingati Hari AIDS Sedunia yang diperingati setiap tanggal 1 Desember. Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Klungkung mengadakan kegiatan pemberian dana bantuan kepada 20 Orang Dengan HIV AIDS (ODHA). Program dana bantuan ini diserahkan langsung Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, didamingi Ketua KPA Wayan Sumanaya di Rumah dinas Bupati Klungkung Sabtu (1/12/2018).

Bupati Suwirta mengatakan peringtan ini merupakan momentum bagi semua untuk mengetahui dan mengingatkan akan bahaya HIV AIDS. Pemberian dana bantuan ini merupakan wujud perhatian dan komitmen pemerintah daerah terhadap ODHA melalui KPA. Bupati Suwirta mengakui selama ini KPA Klungkung sudah bekerja dengan sangat aktif, sehingga banyak ODHA yang mau membuka diri dan terdata serta mendapatkan pengobatan secara baik. Bupati suwirta berharap makin banyak ODHA yang membuka diri kepada KPA dan terdata sehingga akan mendapat pendampingan dan pengobatan. Kepada masyarakat Bupati suwirta menghimbau untuk tidak mengkucilkan ODHA. Karena dengan mengkonsumsi obat ARV secara teratur, penderita ODHA akan bisa tetap sehat dan bertahan hidup.

Kedepan, Suwirta berencana menciptakan seorang  motivator dari seorang ODHA supaya bisa memotivasi dan menceritakan pengalamannya. Harapannya, mampu meminimalisir penyebaran dan masyarakat terbuka dan faham bahaya penyakit menular. Selain itu Bupati Suwirta juga berencana memberikan pelatikan kerja dan peningkatan dana bentuan untuk ODHA yang tergolong KK Miskin. Kepada KPA, Bupati Suwirta ingatkan untuk terus fokus mendampingi para ODHA mendata penderita penderitalain yang masih menutup diri. “Kedepan KPA tidak akan berkerja sendiri namun akan didukung pula dengan OPD lain. Seperti untuk pemberian pelatihan kerja dan pemberian bantuan sembako akan dikembalikan kepada Dinas Sosial dan dinas Tenaga Kerja. Dana operasional KPA juga akan ditingkat seiring peningkatan dana bantuan yang saat ini RP 500 ribu menjadi Rp 1 juta.” Ujar Bupati Suwirta.

Sementara itu Ketua KPA Wayan Sumanaya mengatakan penerima bantuan merupakan ODHA warga kurang mampu yang mau membuka diri dan terdata di KPA Klungkung. Tercatat 50 ODHA yang sudah membuka diri dan terdata, namun hanya 20 orang yang tergolong KK miskin sebagai penerima dana bantuan. Program ini merupakan bagian dari program inovatif dari KPA Klungkung yang diberi nama Jaga Gerbang (Jangkau Siaga Gerak Bangun). Program inovatif ini diciptakan sebagai upaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada ODHA.

Melalui program ini para ODHA yang mau terbuka dan terdata di KPA akan mendapatkan perhatian dan pendampingan. ODHA juga akan mendapatkan obat ARV (Antro Retro Viral) secara gratis seumur hidupnya, serta mendapat dana bantuan setiap tahunnya sebesar Rp 500ribu. Sebagai wujud komitmen Pemda Klungkung dalam memperhatikan para ODHA, KPA Klungkung mendapatkan dana operasional dari Pemda Klungkung Rp 643juta. Kedepan akan ditingkatkan lagi seiring keingingan Bupati Klungkung untuk meningkatkan dana bantuan ODHA yang sebelumnya Rp 500 ribu pertahun menjadi Rp 1 juta pertahun.  

Selain melakukan pemberian dana bantuan, dalam memperingati hari AIDS seduania, KPA Klungkung juga membagikan brosur dan pamphlet kepada masyarakat dan pelajar yang hadir dalam kegiatan car free day di Lapangan Puputan Klungkung. ars/ari


Komentar

Berita Terbaru

\