PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Kedubes Jepang Kunjungi Klungkung, Lakukan Observasi Lapangan Terkait Rencana Hibah Mesin Pompa Air

Selasa, 23 Oktober 2018

00:00 WITA

Klungkung

2203 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata.com

Klungkung, suaradewata.com - Menindaklanjuti proposal dari Pemkab Klungkung terkait permohonan bantuan hibah mesin pompa air, Perwakilan Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia, melakukan kunjungan ke Kabupaten Klungkung. Pihak Kedutaan yang diwakili Yoko Onoue diterima Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta didampingi Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Klungkung, Ida Bagus Juanida dan instansi terkait di ruang rapat Bupati Klungkung, Senin (22/10/2018) kemarin.  

Menurut Perwakilan Kedutaan Besar Jepang, Yoko Onoue kunjungannya ke Kabupaten Klungkung adalah untuk mengecek sekaligus memastikan kesiapan Kabupaten terkait proposal tentang permohonan bantuan hibah mesin pompa air yang sebelumnya diajukan kepada pihak Toyama Jepang. “Kunjungan kita kali ini adalah untuk melakukan observasi lapangan dan memastikan apakah sesuai dengan proposal yang diajukan,” ujar Yoko Onoue.

Menurutnya, terkait permohonan ini beberapa tahapan telah dilalui dan mendapatkan rekomendasi, sehingga dilakukan observasi lapangan. Rencananya, observasi lapangan akan dilakukan pada Selasa (23/10) hari ini, sebagai salah satu syarat untuk mengetahui kondisi dilapangan. “Mudah-mudahan kalau semuanya lancar, Maret 2019 kita lakukan penandatangan kerjasama dan April kita harapkan sudah bisa berjalan,” ucapnya.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menyatakan setelah melalui beberapa tahapan, pihaknya yakin Pemerintah Jepang akan merealisasikan bantuan hibah mesin pompa air tersebut. Mengingat saat ini, lahan pertanian di Subak Sema Agung, Desa Tusan, Kecamatan Banjarangkan kesulitan mendapatkan air. Mengingat posisi sawah disini berada jauh lebih tinggi dari aliran air. “Kita yakin sebuah komitmen yang kita laksanakan dengan sungguh-sungguh pasti ada hasilnya,” ujar Suwirta seraya berharap semua mekaniskme tersebut bisa berjalan sesuai aturan, sehingga nantinya bisa memberikan outcome bagi masyarakat sekitar.

Dihadapan perwakilan Kedutaan Besar Jepang, Bupati Suwirta menyampaikan kerjasama ini tidak hanya terjalin dibidang pertanian saja, tetapi kedepan ia berharap bisa menjalin kerjasama diberbagai bidang lainnya, seperti pariwisata, kebudayaan, sarana prasarana dan bidang lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Ida Bagus Juanida menyebutkan untuk hibah yang diajukan tersebut meliputi permohonan bantuan berupa mesin pompa air dengan metode sistem solar cell. Mesin tersebut nantinya akan digunakan mengangkat air dari Tukad Bubuh untuk mengairi lahan pertanian di Subak Sema Agung. “Mesin ini diperkirakan mampu mengairi kurang lebih 30 hektar lahan sawah,” imbuhnya. ars/ari


Komentar

Berita Terbaru

\