PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Pemprov Bali Jalin Kerjasama Dengan Mitra Usaha

Kamis, 07 Desember 2017

00:00 WITA

Denpasar

3132 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata

Denpasar, suaradewata.com - Gerakan Pembangunan Desa Terpadu Bali Mandara (GERBANGSADU MANDARA) adalah salah satu program Pemprov Bali yang bertujuan untuk pengentasan kemiskinan dan mempercepat perekonomian Desa.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Bali Ketut Lihadnyana usai acara penandatanganan kerjasama antara BUMDes dengan mitra usaha yang berlangsung di kantor Dinas PMD Provinsi Bali, Kamis (7/12).

“BUMDes adalah pilar kesejahteraan bangsa, karena BUMDes tidak lain adalah usaha yang didirikan atas dasar komitmen bersama masyarakat bawah, masyarakat akar rumput, yaitu masyarakat desa, untuk saling bekerja sama, bergotong royong, dan menggalang kekuatan ekonomi rakyat demi mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Desa,”ujarnya.

Dijelaskan Lihadnyana, BUMDes sebagai badan usaha, seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh Desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan desa, karena itu, pengembangan BUMDes merupakan bentuk penguatan terhadap lembaga-lembaga ekonomi Desa serta merupakan alat pendayagunaan ekonomi lokal dengan berbagai ragam jenis potensi yang ada di Desa.

Meski demikian, diakui Lihadnyana jika sampai saat ini masih banyak BUMDes yang mengalami masalah dalam perjalanannya. Sehingga diperlukan berbagai cara dan kebijakan untuk dapat mempertahankan eksistensi BUMDes itu sendiri.

"Dengan kerjasama ini, tidak akan ada lagi ketimpangan harga pasar dengan harga yang dijual di BUMDes. Sehingga apa yang kita harapkan bisa tercapai,"imbuhnya.

Terkait dengan kondisi beberapa penerima Gerbangsadu Mandara yang memiliki BUMDes berada di Kawasan Rawan Bencana (KRB) akibat erupsi Gunung Agung, di Karangasem, Lihadnyana mengatakan akan mencari upaya dan solusi agar permasalahan yang dihadapi bisa terselesaikan dengan baik.pur/aga


Komentar

Berita Terbaru

\