PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Bupati Mas Sumatri Pantau Proyek Pembangunan Break Water dan Jetty Ramdor

Senin, 20 November 2017

00:00 WITA

Karangasem

2956 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

ist

Karangasem, suaradewata.com - Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri turun langsung pantau pembangunan lanjutan Dermaga Cruise Tanah Ampo, Kecamatan Manggis Karangasem, Senin (20/11/2017). Kunjungan orang nomor satu di bumi lahar Karangasem itu tiba dilokasi sekitar pukul 09.30 Wita didampingi Kadis Perhubungan Ida Bagus Putu Suastika serta Kepala OPD terkait lainnya untuk melihat langsung proyek pengerjaan penanaman tiang pacang  pembangunan pelebaran dermaga sepanjang 100 meter serta pembangunan Jetty dengan sistem Rampdoor.  

Ini kata dia merupakan upaya Pemerintah Karangasem untuk melanjutkan kembali proyek pembangunan lanjutan Dermaga Cruise Tanah Ampo. “Inilah hasil dari upaya yang telah kita usulkan kepada Pemerintah Pusat  untuk antisipasi jangka pendek pemanfaatan dermaga dan gedung terminal agar dibangun Jetty dengan sistem Rampdoor,” ungkap Bupati. Ini dimaksudkan agar Kapal Cruise yang ingin berlabuh dengan lego jangkar di Labuan Amuk dapat difasilitasi dengan menggunakan kapal scoci menuju dermaga melalui jetty rampdoor. 

Lanjut Mas Sumatri lanjut menjelaskan, pembangunan pemecah gelombang (break water) dan jetty ramdor merupakan pembangunan kelanjutan dermaga yang sudah existing, yang mana pembangunan tersebut didasari atas proses untuk kedatangan dan keberangkatan penumpang masih mengalami kesulitan. “Untuk itu dibutuhkan break water dan jetty ramdor sebagai tempat nyandar sekoci yang mengangkut penumpang dari kapal pesiar menuju dermaga,” ucapnya  

Tahun 2017 ini, dikatakan Mas Sumatri, perluasan dermaga baru bisa dilakukan sepanjang 100 meter,  dengan dana APBN Tahun Anggaran 2017 sebesar Rp. 49.4 Milyar dengan waktu pelaksanaan 120 hari kalender. Untuk pengerjaannya sendiri dimulai dari tanggal 18 Agustus 2017 lalu dan serah terima tanggal 15 Desember 2017 yang akan datang, dari pemenang tender Kontraktor Pelaksana PT. Kurniadjaja Wirabhakti- PT. Karuna Karya (KSO) dan Konsultan Pengawas PT. Kiat Global Ismatika.  

Pihaknya mengaku tetap optimis jika pembangunan dermaga tetap berlanjut, karena pemerintah pusat dalam tahun 2018 nanti akan mengucurkan dananya lagi untuk menambah perluasan Dermaga Cruise Tanah Ampo sekitar 50 meter yang nantinya akan dianggarkan dalam APBN 2018 melalui Dirjen Perhubungan Laut, Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan Padang Bai (KSOP). nov/rls/ari


Komentar

Berita Terbaru

\