PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Bali Tuan Rumah Sidang Umum Interpol ke-58

Kamis, 15 September 2016

00:00 WITA

Badung

4381 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata

Badung, suaradewata.com - Polisi-polisi akan berkumpul di pulau Bali, Indonesia dalam rangka sidang umum interpol atau interpol conference ke 85 pada tanggal 7-10 November 2016 mendatang.

Kapolri Jendral Tito Karnavian menegaskan event tersebut sangatlah penting. Mengingat ada sekitar 196 negara anggota yang tergabung di Interpol. Dan Indonesia baru masuk setelah interpol berdiri selama 21 tahun. Dalam event tersebut, yang akan hadir adalah kepala-kepala polisi setingkat menteri, selain itu sejumlah lembaga seperti Bea Cukai, Imigrasi, KKP dan Bandara turut hadir.

"Dalam sidang itu nanti kita akan membahas isu tentang transnational crime, terorisme, ilegal fishing, cyber crime, intinya kejahatan internasional," ujarnya di Nusa Dua, Kamis (15/9).

Dipaparkan, Kepala Divisi Hubungan Internasional Mabes Polri Irjen. Pol Untung Yoga, interpol conference tersebut merupakan satu upaya kerjasama seluruh negara di dunia untuk menunjukkan pengalamannya masing-masing dibidang preventif kejahatan yang bersifat transnasional atau internasional.

"Nantinya para penegak hukum, aparat diberi penguatan termasuk polisi untuk pencegahan dan meminimalisasi gangguan keamanan dan kejahatan yang bersifat internasional termasuk terorisme," katan mantan Kapolda NTT ini.

Manfaatnya sendiri, nantinya buat Indonesia dan dunia, ketika kejahatan lintas negara terjadi tidak bisa negara itu bekerja sendirian karena masing-masing negara punya hukum sendiri. 

"Misalnya ada kejahatan di satu negara terus pelakunya kabur bagaimana nantinya proses hukum. Kita ada kerjasamanya dalam bentuk kegiatan penindakan joint investigation, locus delicitynya ada di negara A mungkin bisa saja pelakunya ada di negara lain," ujarnya seraya memastikan Presiden RI Joko Widodo akan hadir dalam event ini. ids/ari


Komentar

Berita Terbaru

\