PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Viral Foto Camat Bangli Bersama Calon Bupati, Bawaslu Bentuk Tim Penelusuran

Rabu, 09 Oktober 2024

09:35 WITA

Bangli

1385 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Foto Camat Bangli yang viral di medsos saat bersama salah satu calon Bupati Bangli. SD/Ist

Bangli, suaradewata.com - Memasuki tahapan masa kampanye Pilkada serentak 2024, netralitas ASN benar-benar menjadi sorotan. Yang mengejutkan, belakangan foto Camat Bangli Sang Made Agus Dwipayana mendadak viral di medsos. Pasalnya, fotonya yang saat itu diduga berada di salah satu Pura di Bangli justru bersama calon Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta. Ada dua foto Agus Dwipayana yang viral di titok dan Facebook yang dikemas menjadi video dengan narasi dugaan ketidaknetralan ASN.

Dalam foto itu, tampak Sang Dwipayana berada di sebelah kiri Calon Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta sambil mencakupkan tangan. Foto lainnya, Agus Dwipayana berada di sebelah kanan Ketua DPRD Bangli I Ketut Suastika yang juga menjabat sebagai Bendahara DPC PDIP. Dalam foto tersebut, juga terlihat Sang Nyoman Sedana Arta serta Ketua Tim Pemenangan Pasangan Calon Sedana Arta - I Wayan Diar, I Nyoman Budiutama.

Viralnya Poto Camat Bangli itu, juga sempat menjadi sorotan rapat koordinasi KPU Propinsi Bali dengan Forkompinda Bangli, Selasa (8/10/2024). Saat itu, Anggota Bawaslu Bangli I Nengah Purna yang turut menghadiri rapat tersebut mengaku sudah menerima video tersebut, yang diunggah di media sosial TikTok dan Facebook. Namun, Purna belum berani memastikan orang dalam video itu adalah Camat Bangli. Purna hanya menduga keterlibatan oknum ASN. "Kami baru mendapatkan informasi tadi malam," ungkap Nengah Purna.

Lanjut Purna, pihaknya saat ini masih memerlukan pendalaman lebih lanjut sebelum memastikan identitas orang-orang dalam video tersebut. "Langkah pertama, kita akan menggelar rapat pleno. Jika diputuskan untuk menindaklanjuti informasi tersebut, Bawaslu akan membentuk tim penelusuran untuk mencari kebenaran informasinya," jelasnya. 

Tidak menutup kemungkinan, Bawaslu Bangli akan meminta klarifikasi dari ASN yang terlibat dalam video tersebut. "Bukan memanggil ya. Tapi mengundang. Kami juga tidak ujug-ujug menyatakan itu melanggar. Kajian kami itu dugaan. Kami lihat dulu. Kami akan kaji," tegas Purna.

Disisi lain, Camat Bangli Sang Made Agus Dwipayana saat dikonfirmasi awak media membenarkan bahwa foto yang beredar tersebut adalah dirinya. Namun, ia tidak tahu siapa yang mengambil fotonya saat bersama Sedana Arta. Begitu juga ketika ditanya tentang orang yang mengubah foto itu menjadi video dan mengunggahnya ke medsos, Agus belum bisa memastikan.

Setelah fotonya beredar dan menjadi perhatian Bawaslu Bangli, Agus Dwipayana menyatakan akan membuat klarifikasi agar persoalannya itu bisa menjadi lebih jelas. "Nanti tiang (saya) akan buat klarifikasi biar jelas dan tidak bias,” tegas Agus Dwipayana.

Menurut Pejabat asal Kelurahan Bebalang ini, kedua fotonya yang viral itu diambil saat menghadiri undangan di Pura Dadia Tegeh, Banjar Kawan, dan Pura Puseh Kawan, Siladan, bertepatan dengan Hari Raya Kuningan pada Sabtu (5/10) lalu. "Tiang hadir di sana bukan untuk mendampingi, akan tetapi karena saya diundang," ujarnya. Ia hadir di sana memenuhi undangan pangempon pura. Saat tiba di pura tersebut, Agus Dwipayana bertemu dengan calon bupati nomor 2 tersebut. Pertemuan itu tanpa disengaja. “Pas di Pura Tegeh Kawan, paslon datang belakangan. Pertemuan itu tidak sengaja. Supaya jelas bahwa kehadiran saya bukan mendampingi akan tetapi diundang," tegasnya lagi.ard/adn


Komentar

Berita Terbaru

\