PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Rawan Lakalantas, Satria Yuda Minta Dishub Lakukan Kajian Keamanan Jalur Selat - Tampaksiring

Senin, 23 September 2024

15:32 WITA

Bangli

1332 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Satria Yudha (SD/Ist)

Bangli, suaradewata.com - Selama ini ruas jalan Selat Kajakauh, Desa Selat, Susut, Bangli yang menghubungkan dengan Desa Tampaksiring, Gianyar terkenal dengan jalur maut. Pasalnya, di jalan kabupaten ini kerap terjadi lakalantas. Terbukti beberapa kali kendaraan sering masuk jurang lantaran tidak kuat nanjak. Atas kondisi tersebut, kalangan DPRD Bangli meminta Dinas Perhubungan (Dishub) melakukan kajian kembali untuk keselamatan para pengendara. 

Sesuai pantauan, jalur ini sejatinya tidak terlalu terjal. Namun entah kenapa jalur ini sering terjadi kecelakaan tungggal hingga kendaraan masuk jurang. Beruntungnya, kecelakaan tersebut tidak sampai memakan korban jiwa. Sejauh ini, di wiayah Kecamatan Tampaksiring belum ada larangan bagi truk untuk melintas, begitu juga di wilayah Kabupaten Bangli belum ada larangan untuk truk bertonase tinggi untuk masuk jalur itu. Disisi lain, ruas jalan ini juga belum dilengkapi dengan dinding pengaman (Gadril) yang memadai. Untuk itu, masyarakat berharap agar jalur ini dipasangi dinding pengaman dan diisi rambu larangan truk masuk.

Anggota DRPD Bangli Satria Yudha saat dikonfirmasi, Senin (23/9/2024) mengakui kalau dirinya telah mendapatkan aspirasi dari masyarakat terkait jalur Selat-Tampaksiring yang rawan kecelakaan. Berkaitan dengan itu, pihaknya bakal melakukan koordinasi dengan Dinas Perhuhungan Bangli. “Karena ini merupakan dua wilayah, yakni Kabupaten Bangli dengan Kabupaten Gianyar, jadi Dishub Bangli agar melakukan koordinasi ke Gianyar,”ucap Satria Yudha. 

Lanjut Anggota Fraksi PDIP ini, meminta Dishub untuk mengatensi harapan masyarakat ini. Karena ini, menyangkut keselamatan jiwa masyarakat. Untuk itu, dirinya akan mendukung penuh untuk mencegah adanya korban jiwa maupun material di jalur ini. “Kalau memang jalur ini harus dipasangi dinding pengaman, ya kita harus menganggarkan demi kenyamanan dan keamanan pengguna jalan,”pungkas Satria Yudha.ard/adn


Komentar

Berita Terbaru

\