PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Tampilkan Pagelaran Budaya Dan Pesta Rakyat, Ketua Dewan Supriatna Buka Sudaji Fest 2024.

Rabu, 07 Agustus 2024

19:44 WITA

Buleleng

1553 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Pembukaan Sudaji Festival yang berlangsung pada Selasa, (06/08/2024) malam. sumber foto : sad/SD

Buleleng, suaradewata.com- Serangkaian HUT Kemerdekaan RI ke 79 di Tahun 2024 ini, Pemerintahan Desa Sudaji, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng menggandeng para pemudanya dan Aliansi Pemuda Desa berinovasi menggelar Sudaji Fetival Budaya Dan Pasar Malam.

Diacara pembukaan Sudaji Festival yang berlangsung pada Selasa, (06/08/2024) malam, terlihat ratusan pengunjung memadati lapangan desa tempat berlangsungnya festival tersebut. 

Tampak hadir Ketua DPRD Buleleng, Gede Supriatna, Muspika Sawan, Prajuru Adat dan perangkat Desa Sudaji serta penasehat Aliansi Pemuda Desa Kadek Doni Riana,SH,MH.

Dalam sambutannya kepala desa Sudaji, Made Ngurah Fajar kurniawan, SE menyampaikan apresiasinya atas geliat muda mudi di desanya dalam menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke 79 pada 17 Agustus 2024.

Menurutnya Desa Sudaji terkenal sebagai salah satu desa wisata maju berkelanjutan di tingkat nasional. Dimana diacara pembukaanya ini menyajikan Semarak Sudaji Fest 2024 menghadirkan Pagelaran seni tari dan Pesta Rakyat berupa pasar malam.

Dalam pegelaran budaya di acara pembukaan Sudaji Fest ini ditampilkan beragam hiburan seperti tarian adat bali khas sudaji, lomba karaoke untuk anak anak, serta lomba lomba lainnya dalam menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke 79.

Dari pantauan media ini, terlihat 3 tarian disajikan oleh muda mudi desa setempat yang mendapatkan sambutan hangat dari ratusan penonton yang berkesempatan hadir.

Pembina sekaligus penasehat Aliansi Pemuda Desa Buleleng Kadek Doni Riana menyampaikam kegiatan aliansi dilakukan mandiri sebagaimana disampaikan Ketua aliansi Bagus Okta tanpa menggunakan dana desa.

Lebih lanjut Kadek Doni Riana yang juga Ketua Aliansi Advokat Bersatu Bali dan Ketua Peradi Singaraja, dihadapan para undangan mengajak semua pihak mendukung kegiatan kepeloporan pemuda dalam membangkitkan budaya dan sektor UMKM Buleleng.

"Ini kali kedua acara digelar, sebelumnya di Desa Sambirenteng," ucapnya.

Sementara itu Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna, SH sebelum membuka acara Sudaji Fest bertajuk, Semarak Kemerdekaan Sudaji Fest mengaku pihaknya sangat mendukung kegiatan yang dilakukan Pemerintahan Desa Sudaji dan para pemudanya dengan menggandeng aliansi Pemuda Desa Buleleng.

"Disetiap acara seperti ini, rata-rata terjadi perputaran uang mencapai ratusan juta rupiah. Artinya kegiatan ini sangat positif membangkitkan perekonomian desa setempat," tegasnya.

Disebutkan juga bahwa jumlah UMKM di Kabupaten Buleleng sekitar 60 ribu lebih. Dimana keberadaan UMKM sangat berperan penting menghidupkan perekonomian di masyarakat," jelasnya.

"Jadi hal ini adalah modal besar apabila digerakkan dengan baik, dikelola dengan baik, ditata dengan baik maka sangat bagus dalam hal peningkatan ekonomi masyarakat," imbuh Gede Supriatna.

Keberadaan 35 lebih tenda atau peserta UMKM lokal Buleleng yang ikut serta dalam kegiatan Sudaji Fest ini, maka Supriatna menghimbau agar penyelenggaran tetap melibatkan UMKM desa setempat dalam upaya penguatan ekonomi desa.sad/adn


Komentar

Berita Terbaru

\