PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Perlu Kajian Matang, Dewan Bangli Dukung Rencana Revitalisasi Tiga Pasar

Minggu, 28 Juli 2024

18:58 WITA

Bangli

1435 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Anggota DPRD Bangli, Satria Yuda. sumber foto : ist/SD

Bangli, suaradewata.com - Anggota DPRD Kabupaten Bangli mendukung rencana Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bangli untuk merevitalisasi tiga pasar di Kabupaten Bangli. Dukungan tersebut disampaikan anggota DPRD Bangli Satria Yuda. “Secara pribadi saya sangat mendukung rencana ini,” ucap Satria Yuda, Minggu (28/7/2024).

Namun demikian, sebelum rencana ini direalisasikan hendaknya dilakukan kajian dan sosialiasi dengan pedagang menghindari pasar mangkrak. Revitalisasi pasar, kata dia, memilki fungsi penting dalam perputaran roda perekonomian masyarakat. Sebagai wadah interaksi sosial di bidang ekonomi pasar juga merupakan penghasil bagi pendapatan asli daerah. ”Kalau pasarnya kurang representative memang sudah selayaknya pemerintah turun tangan,”sebut polisi PDIP ini.

Lanjut politisi asal Tanggahan Peken, Susut ini, sebelum dilakukan revitalisasi maka perlu dilakukan kajian atau perencanaan dengan melibatkan ahli dibidangnya sehingga sarana prasarana pasar yang dibangun sesuai dengan kebutuhan. Disamping itu pihak-pihak terkait termasuk pedagang yang akan memanfaatkan dan masyarakat juga harus dilibatkan dalam perencanan agar revitaliasai yang dilakukan kedepanya bisa dimanfaatkan secara maksimal. ”Revitalisasi ini hendaknya bisa bermanfaat, jangan sampai setelah dibangun mubazir karena pedagang enggan menempati. Naj, inilah yang perlu ada mendengarkan masukan dari pedagang itu,”jelasnya.

Sebelumnya Kadisperindag Bangli, I Wayan Gunawan mengatakan untuk meningkatkan daya saing pasar tradisional pihaknya akan melakukan revitalisasi dua pasar tradisional yakni pasar Kayuambua, Kecamatan Susut dan pasar Yangapi, Kecamatan Tembuku serta pasar senggol Bangli. Sedangkan untuk anggaran revitalisasi pasar, Disperindag sedang berjuang mengakses bantuan ke Kementerian Perdagangan RI.ard/adn


Komentar

Berita Terbaru

\