PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Siap Tarung Dalam Pilkada, Sekda Bangli IB. Gde Giri Putra Pilih Mengundurkan Diri

Senin, 22 Juli 2024

20:38 WITA

Bangli

1466 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Ida Bagus Gede Giri Putra (SD/Ist)

Bangli, suaradewata.com - Sekda Bangli Ida Bagus Gede Giri Putra akhirnya mengundurkan diri untuk bisa tarung dalam Pilkada serentak tahun 2024 selaku ASN. Surat penguduran diri adik kandung Mantan Bupati Bangli Ida Bagus Agung Ladip tersebut dilayangkan ke BKD Bangli, per Senin (22/7/2024).

Ida Bagus Gde Giri Putra saat dikonfirmasi membenarkan kalau dirinya mengundurkan diri sebagai ASN maupun jabatannya sebagai Sekda Bangli. Selain itu, dia juga telah pamitan dengan Bupati Bangli Sang Nyonan Sedana Arta. “Surat sudah saya sampaikan tadi ke BKD, dan saya juga telah bertemu dengan Pak Bupati untuk menyampaikan keinginan tersebut," ucapnya.

Terkait alasan mengundurkan diri, Ida Bagus Gde Giri Putra, lantaran akan ikut berproses dalam Pilkada Bangli. Yang mana, dirinya ingin menjaga netralitas selaku ASN. Padahal, dirinya baru akan pensiun per 1 Nopember tahun ini. “Demi menjaga netralitas selaku ASN saya pilih mengundurkan diri. Padahal sesuai aturan, ASN, TNI , Polri bisa mengundurkan diri selaku ASN saat ditetapkan menjadi calon,”bebernya.

Sementara terkait hak-haknya selaku ASN karena telah mengundurkan diri, kata dia, dirinya telah memenuhi syarat untuk pensiun sesuai UU No 3 Tahun 2020. Yang dalam UU tersebut, ASN bisa mengundurkan diri atas kemauan diri dengan masa kerja 20 tahun dengan umjur maksimal 50 tahun. Sementara dirinya, telah memiliki masa kerja selama 32 tahun, dan umurnya sekarang telah mencapai 59, 9 bulan. “Mengacu ketentuan tersebut saya sudah berhak dan layak untuk pensiun,”ucapnya.

Ditanya tentang langkahna dalam Pilkada Bangli, kata dia, saat ini dia mengkuti survei yang dilakukan oleh Partai Golkar dan partai koalisi yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus Bangli. “Untuk proses biar elit-elit politik yang menentukan,”pria asal Geria Bukit Bangli itu.

Dipaparkan juga, dirinya memilih ikut dalam proses Pilkada Bangli tidak lepas dari dukungan masyarakat, yang telah mendukung dan mendorongnya untuk maju dalam Pilkada nanti. “Saya sangat menghormti dukungan masyarakat. Tokoh masyarakat tersebut, baik yang disampaikan langsung maupun di media sosiial. Jadi kalau saya tidak ikuti proses untuk tarung Pilkada nanti, rasaya kurang kesatria,”pungkasnya.ard/adn


Komentar

Berita Terbaru

\