PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Momentum Hari Lahir Pancasila, Relawan Semut Tabanan Tebar 1 Ton Benih Ikan

Sabtu, 01 Juni 2024

15:32 WITA

Tabanan

1365 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Relawan Semeton Mulyadi (Semut) Tabanan melaksanakan kegiatan penebaran benih ikan, sabtu (1/6). sumber foto: ayu/SD

Tabanan, suaradewata.com – Bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila pada Sabtu (1/6/2024), Relawan Semeton Mulyadi (Semut) Tabanan melaksanakan kegiatan penebaran benih ikan di lima desa di Tabanan.

Kegiatan ini dimulai di Desa Nyitdah, Kecamatan Kediri, dan berlanjut ke Desa Bongan, Kecamatan Tabanan, Desa Kerambitan dan Desa Kutuh di Kecamatan Kerambitan, serta Desa Tangguntiti di Kecamatan Selemadeg Timur.

Penebaran benih ikan nila dengan total berat 1 ton ini dilakukan langsung oleh Bakal Calon Bupati Tabanan sekaligus Ketua PAC Kediri, I Nyoman Mulyadi, bersama Ketua Relawan Semut, I Nyoman Ardika, yang lebih dikenal dengan Sengap, serta para anggota relawan dan masyarakat setempat.

Sengap menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperingati Hari Lahir Pancasila dan mengimplementasikan sila pertama dan kedua. 

"Sila pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa, mengajarkan kita untuk menjaga semua makhluk ciptaan Tuhan. Sila kedua, Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab, mendorong kita untuk menyebar kebaikan secara merata di seluruh wilayah Kabupaten Tabanan," ujarnya saat acara penebaran ikan di Desa Kerambitan.

Selain itu, Sengap menambahkan bahwa kegiatan ini juga merupakan respons terhadap penyelenggaraan World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali. "Kita harus merawat air dengan cara menebar ikan agar hidup di ekosistemnya yang benar," kata Sengap.

Relawan Semut berharap kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat dalam melestarikan makhluk hidup dan lingkungan. "Kami berharap kegiatan ini bisa menjadi 'ketok tular' bagi masyarakat, untuk merawat makhluk hidup. Jangan hanya memancing ikan saja, tetapi harus bisa dikembangkan dari bibit," tambahnya.

Kegiatan penebaran benih ikan ini akan dilanjutkan di wilayah lain di Kabupaten Tabanan, termasuk Kecamatan Selemadeg, Selemadeg Barat, Pupuan, Baturiti, Penebel, dan Marga. ayu/adn


Komentar

Berita Terbaru

\