PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Rawat Air, Rumah Kakek Tuang Eco Enzyme Bareng Kadis LHK Denpasar

Sabtu, 25 Mei 2024

20:52 WITA

Denpasar

1493 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Penuangan cairan ecoenzyme di Tukad Badung, Denpasar pada Sabtu (25/5/24). sumber foto : ran/SD

Denpasar, suaradewata.com - Rangkaian Festival Rumah Kakek mendapat Apresiasi dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Denpasar. Sebagaimana diketahui Rumah Kebangsaan dan Kebhinekaan (Rumah Kakek) Pasraman Satyam Eva Jayate terus berkomitmen untuk merawat lingkungan.

Rumah Kakek juga berkolaborasi dengan beberapa komunitas lingkungan seperti komunitas Eco Enzim, Sosial Project, Malu Dong Buang sampah sembarangan dan lain-lain. Selain komunitas lingkungan rumah Kakek juga berkolaborasi dengan organisasi kemahasiswaan, kepemudaan hingga organisasi lintas.

Diketahui bahwa tahun 2024 Festival Rumah Kakek untuk pertama kalinya dilaksanakan. Untuk mengisi kegiatan Festival Rumah Kakek salah satunya pembuatan dan penuangan Eco Enzim.

Kepala Dinas LDHK Kota Denpasar Ida Bagus Putra Wirabawa menyampaikan apresiasinya dan berharap dapat dilaksanakan secara kesinambungan juga bisa dilakukan secara mandiri. Hal tersebut disampaikan saat pelaksanaan penuangan dan pembuatan Eco Enzim berlangsung di Tukad Pasar Badung, Sabtu (25/5/2024).

“Saya apresiasi rumah Kakek yang terus fokus untuk melakukan aksi lingkungan dengan pembuatan dan penuangan Eco Enzim di Tukad Badung ini. Kami mengharapkan kedepan ini tetap berkesinambungan dan adik-adik yang hadir saat ini dapat melaksanakannya di rumah masing-masing,” ujar Ida Bagus Putra Wirabawa.

Lanjut pihaknya juga menyampaikan bahwasanya proses pemilahan sampah dan pembuatan sampah dapat dijadikan event lomba di tingkat sekolah untuk mendukung program pemerintah Kota Denpasar.

“Juga bapak/ibu guru di sekolah dapat jadikan sebagai event lomba di akhir semester sehingga program dari pemerintah Kota Denpasar tentang pemilahan sampah dan ini merupakan hasil dari pemilahan sampah berupa Eco Enzim,” ujarnya.

Menurutnya pemilahan sampah buah-buahan sangat bermanfaat. Oleh sebab itu, pihaknya mengajak para peserta yang hadir agar nantinya dapat mengikuti kegiatan serupa ditempat lain.

“Eco Enzim ini selain mengurangi sampah juga bermanfaat bagi perairan dan kesehatan. Marilah kita melakukan aksi nyata dengan penuangan Eco Enzim di Tukad Badung dan kita berharap nantinya adik-adik di sekolah untuk melakukan penuangan mungkin ditempat lain,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Umum Rumah Kakek Pasraman Satyam Eva, I Ketut Udi Prayudi mengungkapkan peserta yang hadir untuk penuangan Eco Enzim dan pembuatan Eco Enzim mencapai 245 orang.

“Ya hari ini kita melaksanakan kegiatan penuangan dan pembuatan Eco Enzim di Tukad Badung (Pasar Badung). Peserta yang hadir sebanyak 245 orang, kita menuangkan Eco Enzim sebanyak 445 liter dan membuat Eco Enzim sebanyak 450 liter,” ungkapnya.ran/adn


Komentar

Berita Terbaru

\