PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

SUPER INOVATIF! Samsat Tabanan Mendapat Apresiasi dari Berbagai Pihak

Rabu, 22 Mei 2024

13:06 WITA

Tabanan

1409 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Tabanan, suaradewata.com – UPTD Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi Bali di Kabupaten Tabanan, atau yang lebih dikenal sebagai Samsat Tabanan, mendapatkan apresiasi dan pujian dari berbagai pihak dalam acara Forum Konsultasi Publik (FKP) yang berlangsung pada Selasa (21/5/2024) dari pukul 10.00 hingga 12.00 WITA di ruang rapat Kantor Samsat Tabanan.

Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat penting dan perwakilan instansi, antara lain Kepala Samsat Tabanan I Ketut Sadar, S.Sos, M.H., Kasubbid Inovasi dan Kepegawaian Bapenda Provinsi Bali I Dewa Gede Yoga Sugama, S.E., M.M., perwakilan Inspektorat Provinsi Bali Dewa Gede Angga Putra, perwakilan Polres Tabanan, Jasa Raharja, serta tokoh adat, akademisi, dan masyarakat pengguna layanan Samsat.

Dalam sambutannya, I Ketut Sadar menjelaskan bahwa tujuan dari diselenggarakannya FKP ini adalah untuk menerima masukan, saran, dan kritik dari berbagai elemen masyarakat serta pemangku kepentingan. "Kami menginginkan masukan dari semua pihak agar pelayanan Samsat Tabanan semakin meningkat dari yang sudah baik saat ini," ujarnya.

I Ketut Sadar juga menyoroti berbagai inovasi yang telah diterapkan Samsat Tabanan untuk meningkatkan pelayanan publik. "Beberapa inovasi tersebut meliputi Samsat Gelis Drive Thru, di mana masyarakat dapat menyelesaikan urusan pajak hanya dengan duduk di atas sepeda motor, menyerahkan STNK dan KTP, dan dalam dua menit selesai. Selain itu, kami memiliki Bumdes Bersamsat, LPD, Samsat Kerti Bali, Samsat Kerti Digital, Samsat Senggol di pasar senggol Tabanan, dan Elektronik Samsat Bali yang memungkinkan pembayaran lewat M-Banking," jelasnya.

"Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) hingga Triwulan I tahun 2024 mencapai 88,55 persen dengan kategori sangat baik, tertinggi di Bali. Demikian pula capaian BBN-KB tertinggi di Bali. Meskipun sudah sangat baik, kami masih ingin menerima masukan untuk terus meningkatkan pelayanan," tambah I Ketut Sadar.

I Wayan Jekalaya, S.H., M.H., dosen Fakultas Hukum Universitas Tabanan, juga memberikan apresiasi. "Samsat Tabanan merupakan Samsat dengan inovasi tiada henti, hal ini sangat kami apresiasi. Perlu kita semua mencontoh kiprah Samsat Tabanan dalam meningkatkan mutu pelayanan, karena inilah yang dibutuhkan oleh masyarakat saat ini," ungkapnya.

Pengguna jasa layanan Samsat, Ni Made Indra dan AKP Purnawirawan I Nyoman Subagia, juga memberikan testimoni positif mengenai pelayanan Samsat Tabanan. "Pelayanan Samsat Tabanan sungguh sangat baik. Kami bahkan mendapatkan respon positif dari warga asing yang menggunakan layanan Samsat Tabanan. Mereka mengatakan bahwa pelayanan di sini sangat luar biasa," kata I Nyoman Subagia.

Dewa Gede Angga Putra dari Inspektorat Provinsi Bali turut mengapresiasi terobosan-terobosan yang dilakukan Samsat Tabanan. "Saya sangat mengapresiasi dan memuji langkah-langkah inovasi Samsat Tabanan. Kegiatan FKP seperti ini hendaknya bisa berkelanjutan, karena dengan adanya forum ini, kita bisa mendapatkan masukan dan kritik yang konstruktif untuk meningkatkan pelayanan publik," ujarnya.

I Dewa Gede Yoga Sugama, S.E., M.M., Kasubbid Inovasi dan Kepegawaian Bapenda Provinsi Bali, juga memberikan pujian serupa. "Capaian BBN-KB tertinggi di Bali dan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) tertinggi adalah hasil dari layanan yang kita berikan kepada masyarakat. Samsat Tabanan adalah yang pertama kali mengadakan FKP, dan ini bisa menjadi contoh bagi yang lain. Semoga pelayanan yang diberikan kepada masyarakat terus meningkat sehingga antusiasme masyarakat wajib pajak semakin tinggi. Selamat dan sukses selalu untuk Samsat Tabanan," pungkasnya. ayu/adn


Komentar

Berita Terbaru

\



PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Presiden Prabowo Dihormati Pemimpin Dunia