PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Menarik, PD KMHDI Bali Gelar KMHDI Mengajar Bertepatan dengan Kegiatan Terdahulu

Minggu, 19 Mei 2024

20:30 WITA

Gianyar

1356 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Foto bersama dengan peserta didik dan para Guru di SD N 2 Pupuan, Gianyar (19/05) sumber foto: ist/SD

Gianyar, suaradewata.com – Pimpinan Daerah KMHDI Bali menindaklanjuti Instruksi dari Pimpinan Pusat KMHDI terkait KMHDI Mengajar tahun 2024 menggelar kegiatan di SD Negeri 2 Pupuan tepatnya di Br. Perean, Desa Pupuan, Kecamatan Tegalalang, Kabupaten Gianyar yang diikuti sebanyak 62 peserta didik dan dilaksanakan selama 2 hari pada hari Sabtu 18 Mei dan 19 Mei 2024.

Menariknya KMHDI Mengajar tahun ini bertepatan dengan 5 Tahun KMHDI Mengajar PD KMHDI Bali sebelumnya dengan sekolah SDN 2 yang namun hanya berbeda lokasi saja dan tepat di tanggal 19 Mei menandakan sudah sebulan kegiatan Rakerda dalam menetapkan program kerja PD KMHDI Bali. Kegiatan KMHDI Mengajar tahun ini mengusung tema, yaitu “Mendorong Pendidikan yang Inklusif” pendidikan yang inklusif menekankan pentingnya menyediakan akses pendidikan bagi semua orang, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus, latar belakang ekonomi rendah, atau berasal dari kelompok minoritas. Dalam kegiatan KMHDI Mengajar tahun 2024 PD KMHDI Bali juga memperhatikan keberadaan lingkungan sekitar terkait dengan Kesehatan dan kondisi ekonomi Masyarakat sekitar dengan melaksanakan kegiatan cek Kesehatan gratis dan pemberian sembako kepada masyarakat setempat yang kurang mampu.

Ketua PD KMHDI Bali, I Putu Dika Adi Suantara, S.Pd., dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada pihak sekolah yang menerima dan menyambut baik kedatangan PD KMHDI Bali serta mensuport dalam melaksanakan kegiatan KMHDI Mengajar di SDN 2 Pupuan.

“Terimakasih saya ucapkan atas support yang diberikan dan tentunya kegiatan ini agar bisa diikuti dengan serius dan riang gembira oleh adik-adik peserta dan semoga bisa memberikan dampak bagi pribadi dan lingkungan” ucapnya.

Kepala Sekolah SDN 2 Pupuan, I Kadek Ardyawan Putra, S.Pd.,SD., dalam sambutannya mengucapkan ucapan terimakasih atas diselenggaranya kegiatan KMHDI Mengajar di sekolah yang dipimpinnya.

“Senang sekali bisa bertemu dengan adik-adik KMHDI yang menjadikan sekolah ini untuk berkegiatan KMHDI Mengajar yang tentunya sangat bermanfaat dan kami apresiasi atas kepedulian mahasiswa hindu akan Pendidikan” ucapnya.

Rangkaian kegiatan KMHDI Mengajar yang diselenggarakan selama 2 hari di Gianyar dimulai dengan kegiatan pembukaan yang dibuka secara resmi oleh Kepala SDN 2 Pupuan. Waktu pembukaan yaitu pukul 14.00 wita yang selanjutnya diisi dengan kegiatan pemberian materi, terdapat 4 materi di hari pertama dan 1 materi praktik di hari kedua. Materi yang diberikan, yaitu dasar-dasar Agama Hindu oleh Iwan Susilo, dasar-dasar membaca kitab suci weda dan praktik melantunkan Bagawadgita oleh Ni Ketut Ariningsih, Pengenalan dasar stunting oleh Kadek Edy Sukarma, bijak bersosial media oleh I Gede Arya Adi Gunawan dan praktik yoga oleh I Ketut Yoga Pramuditya.

Setiap sesi pemberian materi peserta didik mengikuti dengan sangat antusias dan semakin menarik dengan adanya pemberian hadiah bagi peserta didik yang aktif dalam mengikuti materi yang diberikan. Selanjutnya kegiatan di pagi hari tanggal 19 dimulai pukul 07.00 Wita dilaksanakan Yoga bersama yang diikuti oleh peserta didik, guru dan kader KMHDI yang dilaksanakan dengan penuh ketenangan dan diikuti secara tertib dan menyenangkan.

Puncak keseruaan kegiaatan ditandai dengan dilaksanakannya kegiaatan fun game yang memberikan pembelajaran kekompakan kelompok dan cara menyusun strategi dalam memainkan setiap lomba yang ada. Lomba-lomba yang diadakan terdiri dari lomba balon berpasangan dan lomba karet estafet. Setiap pemenang lomba diberikan hadiah dan semua peserta didik kebagian hadiah di akhir kegiatan.

Salah satu peserta didik, Ni Luh Putu Anggitha Pratiwi Mengucapkan rasa senang dan ucapan terimakasih kepada PD KMHDI Bali atas kegiatan yang diselenggarakan.

“Saya senang sekali mengikuti KMHDI Mengajar, karena kegiatan pembelajarannya menyenangkan dan terdapat banyak hadiah dan juga permainan, terimakasih buat kakak-kakak KMHDI semuannya” ucapnya.

Kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama dan pemberian buku kepada pihak sekolah. rls/adn


Komentar

Berita Terbaru

\