PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Cap Organisasi Luar Kurang Baik, Aktivis KMHDI Kecam Wakil Rektor III Undiksha

Jumat, 16 September 2022

13:15 WITA

Buleleng

2358 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Ketua Biro Kaderisasi PD KMHDI Bali 2021-2023 Arya Gangga

Buleleng, suaradewata.com - Beberapa waktu lalu, Universitas Pendidikan Ganesha atau Undiksha melaksanakan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru “PKKMB” di Auditorium Kampus Undiksha Singaraja. Salah satu yang menarik adalah saat Wakil Rektor III Undiksha Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd menyampaikan materinya secara tegas melarang mahasiswa untuk bergabung dengan Organisasi diluar kampus Undiksha. “Saya mohon adik adik nanti aktif ya, masuk ke organisasi kemahasiswaan ya, jangan diluar Undiksha, karena banyak sekali organisasi-organisasi luar yang mengiming-imingi adik-adik supaya masuk kesana, itu hati-hati karena banyak yang akan menjerumuskan adik-adik ke hal-hal yang kurang baik,“ ucapnya seperti dalam kanal youtube BEM REMA Undiksha yang kini beredar luas.

Pernyataan tersebut sontak saja membuat aktivis KMHDI (Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia) Arya Gangga yang menjabat sebagai Ketua Biro Kaderisasi PD KMHDI Bali 2021-2023 bereaksi.

“Inilah akibatnya kalau jadi pejabat kampus tidak pernah baca sejarah dan tidak baca peraturan perundang-undangan, saya rasa rugi bapak bergelar tinggi kalau prilaku, perbuatan dan perkataan tidak mencerminkan diri sebagai seorang akademisi” kecam Arya Gangga.

Selain sudah jelas tertuang pada UUD NRI Tahun 1945 Pasal 28E Ayat 3 yang berbunyi “Setiap Orang Berhak Atas Kebebasan Berserikat, Berkumpul dan Mengeluarkan Pendapat”. Wayan Suastra juga mengenyampingkan Permenristekdikti No 55 Tahun 2018 yang memberikan ruang bagi Organisasi Kemahasiswaan Ekstra untuk masuk ke dalam kampus.

“Seharusnya sebelum bicara bapak lihat-lihat dulu, banyak tokoh-tokoh bangsa yang lahir dari organisasi ekstra kampus, seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Adian Napitupulu, bahkan Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla juga besar dan lahir dari Organisasi Ekstra Kampus”. Sambung Arya

“Saya secara tegas mengecam statement Wayan Suastra Selaku WR III Undiksha atas pernyataannya tersebut!!! Saya minta bapak untuk mundur sebagai Wakil Rektor III karena tidak mencerminkan figur yang akademis sebagai kelompok intelektual”. Pungkas Arya. rls/red


Komentar

Berita Terbaru

\



PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Presiden Prabowo Dihormati Pemimpin Dunia