PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Peserta Donor Darah DPD Golkar Gianyar Membludak

Minggu, 15 Agustus 2021

21:35 WITA

Gianyar

1920 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

istimewa

Gianyar, suaradewata.com - DPD II Partai Golkar Kabupaten Gianyar menggelar kegiatan donor darah, Minggu (15/8). Kegiatan donor darah menargetkan 100 kantong darah, namun antusias warga sangat tinggi hingga ratusan orang harus antre untuk melakukan pendaftaran. Guna menghindari kerumunan, tahapan donor darah ditempatkan pada lokasi yang berjauhan. DPD Golkar Gianyar tidak membatasi kegiatan donor darah untuk para kader, sehingga masyarakat umum bisa berpartisipasi. 

Kadek Era Sukadana, Ketua DPD II Golkar Gianyar, mengatakan kegiatan sosial ini merupakan intruksi dari DPD Golkar Provinsi Bali. Hal ini serentak dilakukan di seluruh Bali. Tergetnya kegiatan ini mendapat 1.000 kantong darah serentak se Bali. "Intruksinya mengadakan serentak seluruh Bali. Per 15 Agustus 2021 semua kabupaten melaksanakan donor darah termasuk Gianyar," ujarnya di sela-sela acara. 

Lebih lanjut dijelaskannya, kegiatan ini tidak lepas dari kepedulian partai Golkar terhadap situasi sosial saat ini. "Disamping penanganan covid-19, kekurangan oksigen, dan tempat Isoter, kantong-kantong darah di PMI ikut seret. Atas kondisi ini DPD mengintruksikan Gebyar donor darah. Targetnya 1.000 kantong darah hari ini," jelasnya. 

Setiap anggota dewan yang masuk dalam fraksi Golkar di DPRD Kabupaten Gianyar, wajib membawa 10 orang kader. Diluar tersebut masyarakat umum dibolehkan. Untuk bantuan paket sembako, diberikan kepada masyarakat yang telah berpartisipasi dalam kegiatan donor darah tersebut. "Lolos ataupun tidak lolos skrining, masyarakat yang sudah hadir tetap kita berikan paket sembako yang sudah disiapkan oleh DPD Golkar Gianyar," lanjut Kadek Era. Dengan pemberian sembako tersebut, pihaknya berharap dapat meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Prokes yang diterapkan pun ketat, selain wajib masker juga wajib cek suhu tubuh sebelum masuk melakukan donor. "Kami memaksimalkan kegiatan sesuai dengan jadwal. Melihat antusias masyarakat, kami pastikan mendapat lebih dari 100 kantong," ujar Kadek Era. 

Terkait hasil donor darah ini, semua akan dikumpulkan di provinsi, selanjutnya pengelolaannya atau pendistribusiannya diserahkan pada provinsi. "Kami dibantu oleh PMI Gianyar. Setelah selesai, kantong darah dikumpulkan di provinsi, nanti provinsi yang menyalurkan," jelasnya. Ditambahkannya, kegiatan itu juga digelar serangkaian dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 tanggal 17 Agustus 2021. 

Sementara itu, salah seorang pendonor I Made Marsa (39) asal Banjar Pekandelan, Desa Abianbase, Gianyar, mengatakan, bahwa meskipun baru pertama kali mendonorkan darahnya dirinya mengaku cukup antusias. "Apalagi sekarang stok darah langka, jadi ini bentuk kepedulian terhadap sesama," ujarnya. Hal serupa dikatakan I Nyoman Wardana asal Banjar Negari, Desa Singapadu, Kecamatan Sukawati. "Memang ingin donor, kebetulan ada teman ngajakin jadi kesini," ungkapnya. Wardana awalnya tak mengetahui ada hadiah paket sembako. "Saya donor karena katanya baik untuk kesehatan. Setelah donor ternyata dapat sembako tentu harus disyukuri di masa sulit pandemi Covid-19 ini," ungkapnya yang baru 2 kali donor darah ini. tim/ari


Komentar

Berita Terbaru

\