PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Konsep Pasar Semarapura Ramah Disabilitas

Minggu, 02 Desember 2018

00:00 WITA

Klungkung

2348 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata.com

Klungkung, suaradewata.com - Keseriusan Pemkab Klungkung membangun pasar tradisional bernuansa pasar modern terus dikebut. Tidak hanya konsep pasar modern, kenyamanan para pengunjung dan penjual juga menjadi perhatian serius pemerintah untuk melancarkan perputaran ekonomi masyarakat.

Seperti halnya pembangunan blok A Pasar Semarapura yang mulai digarap sejak Agustus lalu. Bahkan penambahan alat pemandu kaum disabilitas juga dirancang jika kelak pasar ini mulai beroperasi.

Tujuannya, memberi kenyamanan kaum disabel ketika menikmati pasar tersebut. Ketika berkunjung ke pasar, kaum para Disabel tidak merasa kebingungan karena sudah tersedianya jalur khusus, serta tanda penunjuk sebagai pemandu. “Nantinya pasar juga akan dilengkapi escalator, jalur untuk para disabilitas serta dibuatkan stage untuk pameran UMKM,” beber I Nyoman Suwirta, Bupati Klungkung ketika melakukan monitoring proyek, Minggu (02/12/2018).

Suwirta saat sidak ditemani Kabid Perdagangan, I wayan Mustika, serta disambut pelaksana proyek I Nengah Sudiartana, PT Asri Cipta Nata Alam. Saat Monitoring, Bupati Asal Nusa Ceningan ini   menelusuri setiap jengkal dan sudut pembangunan pasar. Hal ini dilakukan guna memastikan kwalitas pengerjaan dengan baik  serta penyelesaian proyek tepat pada waktu. Pembangunan pasar ini merupakan sebagian dari  cita-cita Bupati Suwirta untuk menjadikan Pasar Seni Tradisional dengan konsep modern. 

Dalam pantauannya, Suwirta mendapati laporan bahwa proyek seniali Rp 10.691.529.226 ini yang semestinya sudah berjalan 91%  namun realitanya baru menyelesaikan 83%. Untuk itu kemudian Bupati mewarning  rekanan untuk mempercepat pengerjaan.

“Dengan dana pembangunan yang cukup besar, diharapkan masyarakat supaya ikut mengawasi jalannya proyek. Harapannya proyek dapat selesai tepat waktu sesuai dengan kontrak,’’ tegasnya.

Suwirta juga merancang jika bangunan Pasar ini akan dilounching pada bulan April tahun denpan, sembari berlangsungnya festival Semarapura. Nantinya di pasar ini akan diperkenalkan berbagai kerajinan UKM di seluruh Klungkung.

Terpisah, pelaksana Proyek I Nengah Sudiartana menjelaskan selain dilengkapi escalator serta jalan untuk penyandang disabilitas, bagian dalam Gedung juga disiapkan stage. “Seperti permintaan Bapak Bupati, nantinya pasar akan dilengkapi escalator, jalur untuk para disabilitas serta dibuatkan stage untuk pameran UMKM,”  

Secara rinci dijelakan, pembangunan proyek ini sudah dimulai sejak  8 Agustus 2018 dan ditargetkan tuntas 120 hari. Ukuran kiosnya akan sama dengan di blok lainnya dan diharapkan seluruhnya tuntas sesuai jadwal. “Saat ini, progressnya sudah mencapai 83 persen, dari yang semestinya 91 persen, untuk mengantisipasi keterlambatan itu, kami akan segera mempercepat proses pengerjaan tapi tidak mengurangi kwalitasnya.”pungkasnya. ars/ari


Komentar

Berita Terbaru

\