PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Woww, Anjing Kintamani Piawai Menari Pukau Ratusan Penonton

Selasa, 08 Mei 2018

00:00 WITA

Bangli

3845 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata

Bangli, suaradewata.com – Kepintaran dan keunikan ras anjing Kintamani terbukti saat Kontes Anjing Kintamani digelar di Lapangan Kapten Mudita, Selasa (08/05/2018). Berbagai gerak mampu ditampilkan saat demo ketangkasan. Bahkan salah satu anjing yang sudah terlatih, mampu menari mengikuti irama musik yang mengiringi saat kontes berlangsung sehingga mampu memukau ratusan penonton. Berbagai gerakan mampu dilakukan, mulai dari berjalan secara zigzag, berdiri dan menari, guling-guling hingga meloncat dengan melewati sejumlah penghalang.

Kontes yang diikuti ratusan ras anjing Kintamani ini, dibuka langsung Bupati Bangli I Made Gianyar,SH.,M.hum. Kontes anjing Kintamani diselenggarakan serangkaian HUT Lahirnya kota Bangli ke-814 yang merupakan satu rangkaian dengan kegiatan pembinaan teknis budidaya anjing khususnya bagi pembudidaya di kawasan pelestarian anjing Kintamani di desa Sukawana. Kegiatan kontes ini dihadiri oleh Wakil Bupati Bangli, Sekda Bangli,  anggota forum koordinasi pimpinan daerah kabupaten Bangli serta pimpinan perangkat daerah di lingkungan Pemkab Bangli.

Ketua panitia Ir. I Wayan Sukartana, M.,si dalam laporannya mengatakan pelaksanaan kontes anjing kintamani ini bertujuan untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap Anjing Kintamani. Peran serta masyarakat dan perhatian pemerintah serta stake holder yang lain secara terus menerus mendapat apresiasi dari Asia Kennel Union (AKU) dan mengakui Anjing Kintamani sebagai salah satu anjing ras asia. “Kedepan kami terus berupaya menjadikan Anjing Kintamani setara dengan anjing ras lain dan mendapat pengakuan resmi dari F.C.I sebagai anjing ras dunia,” tegasnya. 

Dalam upaya menjaga kelestariannya, pihaknya mengaku secara intens turun kelapangan untuk melaksanakan vaksinasi secara massal untuk mencegah penularan virus rabies. Hal itu, terutama dilakukan di kawasan desa Sukawana, Pinggan dan Siakin yang merupakan habitat asli Anjing Kintamani. Sementara dalam pelaksanaan kontes anjing kali ini diikuti oleh peserta dari pembudidaya anjing dari desa sukawana dan masyarakat umum. Sedangkan kriteria yang dilombakan adalah katagori warna umum dan berstambum dengan masing-masing juara akan menerima piala, piagam dan hadiah. 

Bupati Bangli I Made Gianyar,SH.,M.hum mengatakan dengan kontes anjing kali ini diharapkan dapat menggugah masyarakat khususnya para penggemar Anjing Kintamani agar lebih menyanyangi seperti layaknya anjing ras lainnya mengingat Anjing Kintamani jika dipelihara dengan perawatan yang baik akan mampu menunjukan intelegensi dan penampilan yang tidak kalah dengan anjing ras lainnya.

Disampaikan, Anjing Kintamani pada tanggal 23 pebruari 2012 telah diakui keberadaannya ditingkat Asia oleh Asian Kennel Union (AKU) dan perjalannya anjing Kintamani sampai akhirnya ditetapkan sebagai rumpun anjing trah asli Indonesia pada tahun 2014 oleh Kementruan Pertanian melalui SK nomor 581/KPTS/SR.120/4/2014. “Melalui kontes ini, saya harap akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Bangli terutama di habitat asli Anjing Kintamani dan juga para breeder anjing Kintamani di Kabupaten Bangli,” tegasnya.ard/aga


Komentar

Berita Terbaru

\