PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Tabanan Belum Miliki Depo Arsip

Minggu, 10 Desember 2017

00:00 WITA

Tabanan

2863 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suara dewata

Tabanan, suaradewata.com – Di tahun 2017 ini Kabupaten Tabanan belum memiliki depo atau gudang arsip. Hal tersebut karena Pemkab Tabanan mengalami deficit anggaran tahun ini, padahal DED untuk pembangunan depo sudah dimiliki. 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tabanan, I Wayan Kotio mengatakan bahwa hingga saat ini pihaknya memang belum memiliki depo arsip meskipun DED sudah rampung. Bahkan lahan untuk pembangunan depo pun sudah siap. “Sebenarnya tinggal dibangun, tetapi karena keterbatasan angggaran jadi pembangunan diarahkan ke skala prioritas,” ujarnya. 

Menurutnya, pembangunan depo arsip sangat penting lantaran berfungsi sebagai tempat penyimpanan arsip inaktif dari masing-masing OPD yang selama ini masih diletakkan di rumah Dinas Pemkab Tabanan dan dimasing-masing OPD. sebagian arsip yang penting juga diletakan di Gedung Perpustakaan namun memang mengalami keterbatasan empat. “ Dan jika Depo ini terealisasi maka kami punya impian untuk menggunakan sistem IT guna mempermudah sistem penyimpanan arsip,” imbuhnya. 

Ia menambahkan, setiap OPD belum paham kapan arsip itu bisa di hapus sehingga arsip yang sudah lama masih tersimpan dan menumpuk. Hal ini memang karena dari pihaknya belum menjalankan sistem pengelolaan arsip kepada masing-masing perangkat OPD. Mengingat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan baru dibentuk tahun 2017 yang sebelumnya hanya berstatus Kantor. 

Untuk itu di tahun 2018 mendatang program kearsipan akan berjalan meskipun mendapatkan anggaran minim. Mulai dari pembinaan kearsipan untuk perangkat daerah namun sifatnya bertahap. Bahkan kata Kotio dalam proses audit pada Mei kemarin ada tiga kategori yang mendapatkan nilai nol, diantaranya, penyusutan arsip, pengelolaan arsip dan pengelolaan arsip inaktif. ayu/ari


Komentar

Berita Terbaru

\