PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Dipuput Dua Sulinggih, Usabha Kapat di Pura Besakih Berlangsung Khidmat

Kamis, 05 Oktober 2017

00:00 WITA

Karangasem

3562 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata

Karangasem, suaradewata.com - Kendati kondisi Gunung Agung dalam fase kritis dengan status awas atau pada level 4, namun upacara Usabha Kapat yang dilaksanakan di Pura Besakih, berlangsung dengan khidmat diikuti oleh ratusan warga. Gubernur Bali, Made Mangku Pastika bersama Bupati Karangasem, IGA Mas Sumatri juga hadir dan membaur bersama para pemedek untuk melakukan persembahyangan dan memanjatkan doa bagi keselamatan dan kedamaian alam semesta.

Salah satu Pemangku di Pura Besakih, Jro Mangku Jana, kepada wartawan Kamis (5/10/2017) mengatakan jika upacara Usabha Kapat ini memang secara rutin diselenggarakan setiap tahunnya. Dan saat ini ditengah kondisi Gunung Agung yang berada pada level IV, ratusan warga atau pemedek bersama-sama memanjatkan doa memohon keselamatan dan kerahayuan agar dijauhkan dari segala bencana.

“Upacara ini tetap kita laksanakan kendati dalam situasi Gunung Agung dalam status awas atau level IV agar tidak ada rangkaian upacara di Pura Besakih yang terputus,” ucapnya. Mengingat Pura Besakih masuk dalam zona berbahaya radius 12 kilometer, usai karya Usaba Kapat ini, kawasan pura akan kembali ditutup untuk umum, sementara pengurus pura juga akan turun dan mendiami pos dibawah pura.nov/aga


Komentar

Berita Terbaru

\