PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Pemkab Karangasem Ngaturang Bhakti Penyineban di Pura Dalem Puri Besakih

Minggu, 30 Juli 2017

00:00 WITA

Karangasem

5101 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata.com

Karangasem, suaradewata.com -‎ Rangkaian Karya Karya Pamlaspas, Nubung Pedagingan, Lan Ngenteg Linggih di Pura Dalem Puri Besakih Desa Besakih, Rendang Karangasem, Bali  digelar pada Buda Kliwon Ugu Sasih Kasa, Rabu, 19 Juli 2017 lalu. Dan hari itu merupakan Prosesi ritual Puncak Karya Pujawali  dengan nedunan (menstanakan) pralingga Ida Bhatara-Bhatari Pura Dalem Puri Besakih di Bale Peselang serta Bale    Agung dan Ida Bhatara Nyejer selama 21 hari. Dan pada Redite Umanis Klawu Minggu (30 /7/2017) Pemerintah Kabupaten Karangasem Ngaturang Bhakti Penganyar Penyineban di Pura Dalem Puri Besakih.

Bakti Penganyar Penyineban diawali dengan prosesi menghaturkan bhakti penganyar, ngobokin yang dilanjutkan dengan prosesi Resi Bhojana. Prosesi dipimpin Manggala Prawartaka Karya/Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa, SH.,MH didampingi Sekdakab.Karangasem Ir. I Gede Adnya Mulyadi, M.Si. Bhakti Penganyar Penyineban yang dipasilitasi Bagian Kesra Setda Kab. Karangasem ini, juga diikuti seluruh Kepala OPD beserta Staf dijajaran Pemkab. Karangasem.

Bhakti Penganyar Penyineban ini diawali menghaturkan bebantenan kepada Ida Bhatara-Bhatari yang berstana di Pura Dalem Puri Besakih agar diberikan anugrah, kedamaian dan keselamatan. Menjelang pukul 15.30 wita, Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa beserta seluruh Kepala OPD dijajaran Pemkab. Karangasem beserta staf berbaur dengan masyarakat melaksanakan pemuspaan Bhakti Penganyar Penyineban bersama yang diawali dengan Puja Tri Sandya, lanjut Pemuspaan 3 kali yang berlangsung kusyuk dan hikmat yang dipuput Wiku Manggalaning Karya/Ida Pedanda Gede Peling Penatih dari Geriya Carik Sidemen, Ida Pedanda Gede Jelantik Duwaja dari Geriya Jelantik Dauh Pasar Budakeling dan Ida Dalem Semara Putra dari Puri Agung Klungkung dan Wiku Tapini Karya/Ida Pedanda Isteri Karang dari Geriya Sibetan dan Ida Pedanda Isteri Wayan Jelantik Duwaja dari Geriya Jelantik Dauh Pasar Budakeling.

Setelah persembahyangan bersama ritual penyineban didahului dengan membawa pralingga/pretima Ida Bhatara-Bhatari Pura Dalem Puri Besakih untuk kembali ditempatkan di Gedong Pesimpenan. Dalam prosesi itu, tampak Wakil Bupati Artha Dipa pun turut serta Mundut Pralingga Ida Bathara untuk disineb. Prosesi ini juga diiringi berbagi tarian sakrar dari para seniman serta ditutup dengan tari Topeng Sidakarya.

Manggala Prawartaka Karya/Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa selepas pemuspaan menyampaikan ucapan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu pelaksanaan Karya ini, "Semoga kita semua diberi kerahayuan," ucapnya. Dalam kesempatan itu, Artha Dipa juga mengapresiasi positif kegiatan Bhakti Penganyar Penyineban  di Pura Dalem Puri Besakih ini, disamping merupakan kewajiban Pemkab.Karangasem juga sebagai bentuk wujud sradha bhakti sebagai umat hindu untuk mengucapkan rasa syukur dan terimakasihnya kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa atas karunia yang diberikan, dengan tujuan mendoakan terciptanya kerahayuan jagat agar terhindar dari mara bahaya serta mensucikan bhuana agung dan bhuana alit agar senantiasa diberikan karunianya kepada umat manusia.

"3angkaian karya ini bertujuan untuk memohon berkah dari Ida Sanghyang Widhi Wasa agar kita semua diberikan kesejahteraan, kesehatan, kesucian, kedamaian dan keseimbangan alam semesta beserta isinya," sebutnya. Serta memohon keselamatan dan kemakmuran alam semesta beserta segala isinya, karena Pura ini merupakan Pura berstananya Bhatari Durga yang dahulu dinamai Pura Dalem Kedewatan yang mana para umat Hindu yang telah selesai mengadakan Upakara Pitra Yadnya biasanya ke Pura ini, Mendak Nuntun Sang Pitara untuk distanakan di Sanggah ata Pemerajan masing-masing.nov/rls/aga


Komentar

Berita Terbaru

\