PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Puncak Karya di Pura Dalem Puri Besakih, Wabup Artha Dipa Mundut Pralingga Ida Bhatara

Rabu, 19 Juli 2017

00:00 WITA

Karangasem

3898 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata.com

Karangasem, suaradewata.com -Bertepatan pada Buda Kliwon Ugu Sasih Kasa, Rabu (19/7/2017) Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa yang juga Manggala Prawartaka Karya, didampingi seluruh jajaran Pemkab Karangasem, berbaur bersama masyarakat untuk mengikuti prosesi pelaksanaan puncak karya di Pura Dalem Puri, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem.

Pelaksanaan Puncak Karya Pamlaspas, Nubung Pedagingan, Lan Ngenteg Linggih itu, dipuput tujuh orang Sulinggih dengan mempergunakan bebantenan Caru Manca Sanak dengan Lantaran Kurban Suci, seperti, kerbau, kambing, penyu, ayam dan bebek. Tampak hadir Ketua DPRD Karangasem beserta anggota, perwakilan provinsi dan kabupaten/kota se-Bali, PHDI, MUDP Provinsi, Kepala KPUD Karangasem beaerta anggota, Kepala Kantor Kementrian Agama beserta jajaran, PKK/Dharma Wanita serta masyarakat pengempon pura.

Prosesi Pujawali Puncak Karya diiringi dengan beberapa Tari Wali antara lain Tari Rejang Dewa, Tarian Sakrar Rejang, Baris, Tari Topeng Sidakarya dan Pagelaran Wayang Sudamala. Diatas lantaran yang terbentang terlihat Prawartaka Karya bersama masyarakat pemedek lainnya mundut Pedagingan dengan berjalan Murwa Daksina mengitari areal pura,  bergerak kekanan mengitari pura yang dilanjutkan dengan menaruh dan memendam pedagingan di masing-masing pelinggih yang telah dipersiapkan.

Untuk itu Wakil Bupati serta Ketua DPRD Karangasem beserta Kepala Organisasi Prangkat Daerah Karangasem dan tamu undangan lainnya diberikan kehormatan memendam pedagingan yang telah ditentukan. Prosesi dilanjutkan dengan persembahyangan bersama yang kemudian dilanjutkan dengan prosesi. Tampak Wakil Bupati Artha Dipa mundut Pralingga Ida Bhatara untuk distanakan di Bale Peselang dan sebelumnya Pralingga kairing Murwa Daksina.

Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa mengatakan, rangkaian kegiatan karya diawali dengan prosesi Mepluning, Nuwasin Karya, Nyukat Genah Tawur, dan dilanjutkan dengan prosesi Nur Tirta Pemiyut Negtegang Daging prosesi Melasti ke Toya Sah Desa Muncan Kecamatan Selat Karangasem, prosesi Mapepada Wewalungan dan puncak karya berlangsung Rabu (19/7/2017).

“Tujuan upacara Pamlaspas, Nubung Pedagingan, Lan Ngenteg Linggih adalah memohon berkah dari Ida Sanghyang Widhi Wasa agar kita semua diberikan kesejahteraan, kesehatan, kesucian, kedamaian dan keseimbangan alam semesta beserta isinya,” ucap Artha Dipa.  Pura ini kata dia merupakan Pura berstananya Bhatari Durga yang dahulu dinamai Pura Dalem Kedewatan yang mana para umat Hindu yang telah selesai mengadakan Upakara Pitra Yadnya biasanya ke Pura ini, Mendak Nuntun Sang Pitara untuk distanakan di Sanggah ata Pemerajan masing-masing.nov/rls/aga


Komentar

Berita Terbaru

\