PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Kunker Gubernur Ke Bangli, Bedah Rumah Ditarget Tuntas Tahun Ini

Selasa, 17 Januari 2017

00:00 WITA

Bangli

3470 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata.com

Bangli, suaradewata.com –  Gubernur Bali, Made Mangku Pastika menargetkan program bedah rumah untuk masyarakat miskin di Bangli tuntas dilakukan tahun 2017 ini. Untuk tahap pertama, sesuai data BPS sebanyak 293 akan direhab dan dipastikan sudah selesai bulan Mei mendatang. Sementara jika masih ada yang tercecer, dipastikan akan diselesaikan pada anggaran perubahan tahun 2017. 

Demikian disampaikan Gubernur Made Mangku Pastika dalam kunjungan kerjanya di Bangli, Selasa (17/01/2017). Saat kunker yang dipusatkan di Wantilan Pura Ulun Danu Batur, desa Songan A, Kintamani itu, Gubernur diterima langsung Bupati Bangli I Made Gianyar, Wabub Sang Nyoman Sedana Arta dan jajaran pimpinan OPD Pemkab Bangli. “Tahun ini bedah rumah harus sudah selesai dilakukan. Jadi nanti Cagub Bali 2018 tidak lagi berkampanye tentang bedah rumah", ujarnya.

Dikatakan dari 414 rumah yang masuk verifikasi, 293 yang memang layak mendapat bedah rumah. Untuk itu, diharapkan tak ada Kepala Desa  yang melakukan mark up data kemiskinan. Sebab, menurutnya ada kecendrungan di masyarakat untuk memperoleh bantuan kemiskinan, data kemiskinan sengaja di mark up. “Saya ingatkan jangan sampai hal itu terjadi. Kalau sampai ditemukan adanya indikasi mark up data kemiskinan, polisi berhak melakukan penangkapan,” ungkapnya.

Sebab, jika mark up data dilakukan itu artinya sama dengan melakukan tindak pidana korupsi. “Jangan sampai ada kepala desa menjadi tumbal karena hal itu,” imbuhnya mengingatkan lagi. Lebih lanjut, Gubernur Bali juga tidak henti-hentinya menghimbau masyarakat untuk tidak bangga jadi peminta-minta bantuan, karena itu sama artinya dengan pengemis. Dia juga mengatakan, beras miskin juga tidak boleh dibagi rata. Sebab, raskin adalah hak untuk warga miskin. "Kalau sampai ada orang yang kaya, memakan raskin. Saya doakan bisa miskin beneran. Ini yang ngomong murdanin jagat bali,” katanya, disambut gelak tawa peserta.

Sementara Bupati Bangli, I Made Gianyar dalam sambutannya, banyak memuji kinerja Gubernur Bali. Bupati menilai, Made Mangku Pastika adalah tokoh yang  inspiratif. Ide dan gagasanya, diakui telah banyak membawa perubahan yang baik bagi Bangli. Made Gianyar atas suport Gubernur Bali mengaku telah berhasil mengalihkan jalur truk ke Penelokan. Parkir kiri kanan sekarang sudah bisa satu jalur, pasar tumpah sudah tidak ada di Penelokan. "Jiwa ksatria dan keberanian kami karena pak Gubernur yang memback up", ujarnya.

Bupati Gianyar juga menyampaikan kemajuan pertumbuhan di bidang ekonomi di Bangli, telah melampaui indeks rata-rata pertumbuhan Bali. Dengan pertumbuhan mencapai 6,21 (di tahun 2015), sedangkan rata-rata pertumbuhan ekonomi Bali mencapai 6,04 persen. Hanya saja IPM justeru rendah, dan Bangli berada di urutan k-8. "Potensi di Bangli sangat banyak. Jika kita mampu mengelelola potensi yang ada itu, bisa kita targetkan Bangli bisa masuk lima besar,” tegasnya.

Lebih lanjut, untuk memacu pertumbuhan ekonomi, penuntasan jalan hotmix juga ditargetkan bisa tuntas dilakukan tahun 2018. Untuk itu kepada Gubernur, Bupati berharap, jalan Nasional sepanjang 22,15 km (Besakih-Suter dan Penelokan Pura Ulun Danu Songan) bisa dibantu Pemprov Bali untuk dilanjutkan bisa tembus ke Karangasem. “Jika jalan Penelokan-Songan tembus Karangasem bisa terwujud, saya rasa akan berdampak sangat baik untuk pertumbuhan ekonomi kedua daerah,” tegasnya. ard/ari


Komentar

Berita Terbaru

\



PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Presiden Prabowo Dihormati Pemimpin Dunia