PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Pohon ‘Raksasa’ Tumbang, Jalur Penelokan-Suter Macet 4 Jam

Senin, 07 November 2016

00:00 WITA

Bangli

4512 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata.com

Bangli, suaradewata.com – Tidak ada hujan dan angin, sebuah pohon berukuran ‘raksasa’ tumbang di jalur Penelokan-Suter-Besakih, Senin (07/11/2016).  Dampaknya, kemacetan tak terelakkan. Diduga tumbangnya pohon berdiameter 1,5 meter tersebut dan panjang mencapai puluhan meter itu, akibat kondisi pohon yang sudah tua dan lapuk.
 
Sesuai informasi yang dihimpun dilapangan, tumbangnya pohon jenis albesia tersebut terjadi sekitar pukul 13.00 wita. Padahal, saat itu cuaca diwilayah setempat cerah. “Kemungkinan pohon ini tumbang karena kondisinya sudah tua dan lapuk,” ungkap warga setempat.
 
Beruntung, kejadian tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Meski demikian, tumbangnya pohon tersebut telah menyebabkan kamacetan arus lalu lintas dengan  antrian kendaraan yang cukup panjang. Untuk proses evakuasi, dilakukan jajaran Polsek Kintamani, Koramil beserta BKSDA bersama masyarakat desa Suter, Abang Batu Dinding dan Abang Songan yang bergotong royong memotong dan memindahkan pohon super besar tersebut. Hingga akhirnya sekitar pukul 17.00 wita, proses evakuasi pohon tersebut selesai dilakukan dan arus kendaraan sudah kembali normal.
 
Tokoh masyarakat desa Suter yang juga Wakil DPRD Bangli Nyoman Basma saat dikonfirmasi membenarkan adanya musibah pohon tumbang tersebut.  Diakui, sepanjang jalur Penelokan-Suter-Besakih selama ini memang sangat rawan pohon tumbang. Sebab, jalur tersebut diapit kawasan hutan lindung. Untuk itu, pihaknya berharap melalui koordinasi lintas instansi, perlu ada langkah-langkah antisipasi. Salah satunya, dengan melakukan pemangkasan. “Upaya antisipasi sangat diperlukan, untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan bersama,” tegasnya. ard/ari


Komentar

Berita Terbaru

\