PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Polres Bangli Dorong Generasi Muda Kembali Bertani

Senin, 07 November 2016

00:00 WITA

Bangli

3543 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata.com

Bangli, suaradewata.com – Seiring kemajuan pembangunan, sector pertanian diakui atau tidak mulai terpinggirkan. Terbukti, minat generasi muda untuk menjadi petani terbilang sangat minim.  Sebaliknya, yang masih eksis menekuni sector pertanian saat ini adalah generasi tua yang rata-rata usianya diatas 50 tahun. Hal tersebut terungkap saat penanaman benih padi secara massal dan penebaran benih ikan yang digelar jajaran Polres Bangli bersama Polsek Bangli, di subak Tegalalang, Kelurahan Kawan, Bangli, Senin (07/11/2016).
 
Penanaman massal benih padi jenis sidenuk ini, dipimpin langsung Kapolres Bangli, AKBP. Danang Beny Kusprihandono. Hadir juga saat itu, Camat Bangli, Kelian Subak Tegalalang Sang Ketut Rencana. Dalam sambutannya, Kapolres Bangli menyatakan  salah satu upaya mendekatkan Polri dengan masyarakat dengan cara ikut terjun di dunia pertanian. “Penanaman benih padi yang sekarang kita lakukan, merupakan kali kedua setelah penanaman serupa kita lakukan di Desa Demulih, Susut,” jelasnya.
 
Lanjut Kapolres, pihaknya komit menggalakkan sector pertanian karena mencermati potensi Bangli dan adanya perubahan paradigma banyak wisatawan yang datang ke Bali untuk keunikan dan keindahan dunia pertaniannya. “Wisatawan yang ke Bali sekarang ini tidak semata-mata untuk melihat kehidahan pantai saja. Belakangan justru banyak wisatawan yang datang ke Bali untuk melihat pertaniannya. Ini peluang besar bagi masyarakat Bangli,” sebutnya.
 
Terlebih, kata Kapolres, saat ini produksi beras di Bangli masih minus 4.000 ton per tahun. Karena itu, dengan penanaman benih padi verietas sidenuk ini diharapkan akan mampu meningkatkan produksi beras di Bangli. Sebab, jenis padi sidenuk mempunyai keunggulan, efisien bibit dan buahnya sangat lebat. “Saya sudah intruksikan disetiap Polsek ada demplot percontohan seperti ini” tegasnya.
 
Disisi lain, Kelian Subak Tegalalang Sang Ketut Rencana memberikan apresiasi positif terhadap perhatian Polres Bangli kepada sector pertanian. “Ini terobosan yang sangat inovatif untuk turut mendorong generasi muda kita ambil bagian dalam dunia pertanian,” tegasnya, sembari berharap kegiatan seperti ini terus dilanjutkan dan ditingkatkan. ard/ari


Komentar

Berita Terbaru

\