PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Puluhan Sampan Tradisional Adu Cepat Di Muara Perancak

Sabtu, 20 Agustus 2016

00:00 WITA

Jembrana

4006 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata

Jembrana, suaradewata.com - Serangkaian HUT Kota Negara ke-121 dan Jembrana Festival serta HUT RI ke-71, Pemerintah Bumi Makepung menggelar lomba sampan tradisional di Muara Sungai Perancak. Bahkan dalam perlombaan sampan tradisional ini, diikuti puluhan sampan pada hari Sabtu (20/8).

Dalam perlombaan sampan tersebut, menempuh jarak kurang lebih 10 kilometer. Perlombaan tersebut mengambil start di muara sungai Desa Perancak dan  finisnya di Lingkungan Samblong, Kelurahan Sangkar Agung, Jembrana. Masing-masing sampan dikemudikan oleh 2 orang. Bahkan, dalam perlombaan tersebut yang meraih juara satu yakni pasangan pendayung Adi dan Masri asal Desa Air Kuning, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana yang berhak dengan hadiah Rp 2 juta rupiah. Bahkan, pasangan pendayung sampan tradisional ini sudah  tercatat tiga kali berturut turut menjadi jawara lomba sampan tradisional yang setiap tahunnya gelar. Sementara, posisi kedua diraih oleh Komang Narta dan Wayan Dela asal Sangkaragung dengan hadiah piala dan uang Rp 1,5 Juta dan posisi ketiga diraih oleh Gede Eka dan Komang Sutar juga asal Sangkaragung dengan hadiah piala dan uang Rp. 1,3 Juta. 

Adi dan Masri saat di komfirmasi mengatakan, setiap tahun dirinya memang sengaja ikut perlombaan sampan tradisional ini. “Kami hanya ingin ikut memeriahkan HUT Kota. Tidak ada persiapan khusus, hanya latihan beberapa kali. Awalnya tidak langsung juara satu, pernah juara tiga dan juara dua. Setelah itu juara satu tiga kali berturut -turut termasuk hari ini.” katanya. 

Kepala Dinas Dikporaparbud Nengah Alit mengatakan, jumlah peserta kali ini membludak bahkan panitia kewalahan menerima pendaftaran. “Jika tahun lalu berjumlah 60an pasang peserta, tahun ini 80an pasang peserta yang ikut. Bahkan pihaknya berharap kegiatan positif seperti ini juga nantinya setiap tahun makin banyak dan akan terus di agendakan setiap tahun. dep/ari


Komentar

Berita Terbaru

\