PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Bantuan Hibah Harus Tepat Guna dan Tepat Sasaran

Kamis, 23 Juni 2016

00:00 WITA

Denpasar

4041 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata

Denpasarsuaradewata.com - Masih ingat dengan kasus dana hibah yang menjerat mantan anggota DPRD Bali Hening Puspita Rini? Ketika itu, hibah yang dicairkan sesuai peruntukkannya yakni untuk pengadaan baju anggota PKK, justru berakhir buruk bagi Hening. Sebab lantaran kualitas baju PKK tersebut rendah, akhirnya hibah ini menjadi temuan dan mengantar Hening ke balik jeruji besi.

Belajar dari kasus tersebut, kelompok masyarakat penerima hibah diminta untuk benar-benar merealisasikan hibah sesuai proposal yang diajukan. Hibah yang diajukan dan dicairkan, harus benar-benar tepat guna dan tepat sasaran. Sebab jika hal tersebut tidak dilakukan, maka bisa saja menjadi temuan di kemudian hari dan berdampak pada proses hukum.

Hal ini ditegaskan anggota Fraksi PDIP DPRD Bali Ketut Mandia, di Gedung Dewan, Kamis (23/6). Hal itu disampaikan politisi PDIP itu, menyusul adanya aspirasi untuk pengadaan baju PKK saat dirinya melakukan reses ke enam (6) PKK di Kabupaten Klungkung.

"Semua minta bantuan baju PKK. Sebab mereka selama harus meminjamkan uang di BPD, hanya agar bisa memiliki seragam PKK yang modis dan bagus," papar Mandia.

Untuk usulan tersebut, Mandia berjanji untuk memperjuangkannya melalui dana hibah dari Provinsi Bali yang difasilitasi oleh dewan. Hanya saja ia mengingatkan, agar jika kelak bantuan tersebut terealisasi, maka harus digunakan sesuai peruntukkannya, yakni membeli pakaian seragam PKK.

"Penting kami ingatkan itu, agar jangan sampai ada temuan. Karena kita juga tidak ingin, bantuan pemerintah itu ketika turun justru memberikan masalah lagi ke masyarakat," tandas anggota Komisi IV DPRD Bali itu.

Mandia juga mengingatkan kelompok masyarakat penerima hibah, bahwa sebelum memberikan bantuan, pemerintah pasti melakukan kajian serta verifikasi lapangan. "Verifikasi lapangan dilakukan, untuk mengetahui benar gak jumlahnya sekian. Sehingga bantuan menjadi tepat guna, tepat sasaran, dan tepat tempat, juga berkualitas," pungkasnya.san


Komentar

Berita Terbaru

\