PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Sekolah Swasta Terancam Bangkrut, Sistem Kouta Perlu Dikaji

Selasa, 21 Juni 2016

00:00 WITA

Bangli

4762 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Bangli, suaradewata.com – Lantaran kalah saing dan akibat kebijakan sistem kouta yang diterapkan sekolah negeri dalam menjaring siswa baru,membuat keberadaan sejumlah sekolah swasta diambang kebangkrutan. Padahal sekolah swasta ini tergolong cukup banyak menyerap tenaga kerja.

Kondisi ini mengundang perhatian dan keprihatinan anggota DPRD Bangli I Wayan Subagan. “Belakangan banyak sekolah swasta kini diambang kebangkrutan karena tidak mendapatkan siswa. Hal ini mestinya juga menjadi perhatian pemerintah,”ucap Subagan saat ditemui awak media, Selasa (21/06/2016). Dicontohkan, sejumlah sekolah swasta yang kini nasibnya berada diambang gulung tikar yakni SMK TP 45 Bangli dan SMK Una Rosa di Dusun Metro, Desa Yangapi , Tembuku. “Sekolah-sekolah swasta ini mesti diberdayakan oleh pemerintah sehingga mereka memiliki daya saing. Mereka juga cukup banyak menyerap tenaga kerja,”paparnya.

Menurut pria asal Bangkiang Sidem, Bangbang ini, terpuruknya sekolah swasta diakibat oleh sejumlah factor, seperti  masih  adanya image kalau bersekolah di sekolah negeri  mutunya lebih baik dibandingkan sekolah swasta. Padahal hal tersebut tidak selalu benar. Buktinya beberapa sekolah swasta  mampu mengunguli sekolah negeri dalam urusan prestasi akademik. “Image ini masih terpatri di pikiran orang tua. Makanya tidak heran sejumlah orang tua melakukan berbagai upaya agar anaknya masuk sekolah negeri,”terang dia.

Faktor lainya, jelas pria berkumis ini,   adalah masalah lokasi sekolah , dimana  lokasi sekolah swasta  sebagian besar ada di pedesaan. Padahal disalah satu sisi sekolah yang berlebel negeri saja  yang ada di pedesaan minim siswa. Sementara faktor  yang paling signifikan mempengaruhi, karena rakusnya sekolah negeri yang disebabkan pemerintah memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi sekolah negeri untuk menerima siswa sebanyak-banyaknya dengan menerapkan sistem kuota. “Kalau sekolah swasta ingin dieksiskan maka sistem kuota ini perlu dikaji lagi,”pungkasnya.ard


Komentar

Berita Terbaru

\