PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Kodam IX/Udayana dan Kesbangpol Bali Mau Latih Ormas Soal Bela Negara

Rabu, 15 Juni 2016

00:00 WITA

Denpasar

3820 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata

Denpasar, suaradewata.com – Organisasi kemasyarakatan (ormas) di Bali seperti PBB, Laskar Bali maupun Baladika akan diikutsertakan dalam kegiatan pelatihan bela negara oleh Kodam IX/Udayana bekerjasama dengan Kesbangpol Provinsi Bali.

Kepala Penerangan Kodam IX/Udayana Kolonel Inf J Hotman Hutahaen menjelaskan, tujuan pelatihan tersebut dalam rangka pembinaan agar anggota ormas yang ikut pelatihan tersebut dapat menjadi warga negara yang baik. Seperti tertuang dalam UUD 1945 pasal 27 ayat 3, setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.

"Wacana itu dulu pernah dibahas oleh Pangdam IX/ Udayana dan Gubernur Bali pada tanggal 4 Februari 2016 lalu. Ormasnya yang kita sasar seperti Baladika, Laskar Bali dan PBB. Itu contohnya. Terkait ormas sebaiknya tanyakan kepada Kesbangpol karena kita hanya sebagai penyelenggara saja," ujarnya di Denpasar, Rabu (15/6/2016).

Terkait kepastian waktunya, pihaknya masih menunggu anggaran dari Pemprov Bali. Karena untuk tahun ini menurutnya terkendala pada anggaran perubahan.

"Untuk waktunya kita masih menunggu perubahan anggaran. Jadi kita tunggu anggarannya diperubahan," ungkapnya.

Lebih jauh dikatakan, ormas menjadi sasaran pelatihan ini karena pada dasarnya mereka adalah warga negara Indonesia yang mempunyai hak sama dan upaya pembelaan negara.

Sementara itu, terkait teknis perekrutannya nanti seperti apa, Kapendam menyerahkan semuanya kepada pihak Kesbangpol selaku penggagas ide. Karena pihak TNI hanya selaku penyelenggara saja.

Seperti diketahui, akhir-akhir ini keberadaan ormas di Bali semakin mengkhawatirkan. Lantaran ulah beberapa oknumnya yang anarkis dan mengarah kepada premanisme. Karena itu, diharapkan dengan upaya bela negara para ormas tersebut bisa lebih memiliki rasa cinta kepada bangsa dan negaranya. ids


Komentar

Berita Terbaru

\