PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Patung Siwa Mahadewa Ikon Baru Wisata Gilimanuk Diplaspas

Selasa, 24 Mei 2016

00:00 WITA

Jembrana

16333 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata

Jembrana, suaradewata.com - Pembangunan patung Siwa Mahadewa yang berlokasi di Teluk Gilimanuk diharapkan menjadi ikon baru wisata Jembrana khususnya Gilimanuk sebagai pintu gerbang masuk Bali dari arah Jawa. Terlebih letaknya yang begitu strategis berdampingan dengan pelabuhan ASDP menyambut kedatangan masyarakat yang berkunjung ke Bali melalui jalur darat. 
 
Selain itu keberadaan patung Siwa Mahadewa yang dalam kepercayan hindu dikenal sebagai pemrelina (pemusnah hal negatif) diharapkan mampu menghilangkan aura  negative yang tak diharapkan masuk ke Bali. Selain itu patung Siwa Mahadewa sekaligus sebagai trademark atau ciri khusus yang mudah dilihat ketika orang luar memasuki Bali. Patung ini juga dilengkapi dengan areal taman  dengan beberapa bangunan  bale istirahat di tepi Teluk Gilimanuk. 
 
Harapan itu diungkapkan Bupati Jembrana I Putu Artha saat meresmikan patung Siwa setinggi 22 meter itu, sabtu (21/5). Peresmian dilakukan dengan penandatanaganan prasasti oleh Bupati. Sebelumnya patung Siwa Mahadewa diplaspas alias diresmikan secara ritual oleh Pendeta Hindu dan persembahyangam bersama yang diikuti pula oleh wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan, Ketua DPRD Jembrana I Ketut Sugiasa bersama sejumlah Anggota Dewan, Kepala SKPD dan masyarakat Gilimanuk.  “ Saya berharap patung ini nantinya bisa menjadi ikon wisata baru di Gilimanuk sekaligus kebanggaan masyarakat Jembrana “ kata Artha.
 
Lebih lanjut Bupati Artha mengatakan saat ini Pemkab Jembrana sangat serius menggarap potensi wisata yang dimiliki Jembrana termasuk di Gilimanuk. Hal ini sangat sejalan dengan dokumen perencanaan yang utuh dan terintegrasi yang tertuang dalam Rencana Pembangungan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Jembrana yang bersinergi dengan Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB) Bidang Pariwisata dan Kebudayaan, sebagaimana ajaran Tri Sakti Bung Karno yaitu berkepribadian dibidang Budaya. 
 
Selain patung Siwa yang baru saja diresmikan, Gilimanuk juga masih memiliki museum purbakala serta obyek wisata karang sewu dengan hamparan pantainya yang menawan. “ Kedepan kita juga akan lengkapi dengan pembangunan anjungan cerdas konservasi yang berlokasi diareal Taman Nasional Bali Barat, sehingga bisa menggabungkan konsep rekreasi dan edukasi,”paparnya. Artha juga ingin Jembrana yang selama ini hanya dilintasi wisatawan di jalur darat, bisa mulai merebut kue pariwisata yang tersedia. “ Minimal mereka yang datang mau singgah berbelanja disini tidak hanya sekedar lewat seperti selama ini “ cetusnya. 
 
Sementara itu Kepala Kantor LHKP Jembrana I Wayan Darwin mengatakan patung Siwa Mahadewa ini diselesaikan dengan dua tahap. Tahap pertama pembangunan patung dan pondasi menelan anggran Rp 783 juta. Sedangkan tahap kedua yaitu finishing dengan anggaran Rp 885 juta. dep


Komentar

Berita Terbaru

\