PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Sulinggih Diharapkan Turut Bentengi Generasi Muda Dari Pengaruh Negatif

Kamis, 28 April 2016

00:00 WITA

Buleleng

3770 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata.com

Bangli, suaradewata.com - Sebagai prosesi terakhir dari rangkaian hari suci Nyepi yang dimulai dari pemelastian, tawur agung, dan pelaksanaan catur brata penyepian,   Pemerintah Kabupaten Bangli, Kamis (28/4/2016) menggelar Dharma Santi serangkaian Hari Suci Nyepi Tahun Baru Caka 1938. Dharma santi yang dipusatkan di halaman kantor Bupati Bangli dihadiri Bupati Bangli I Made Gianyar, Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, Paruman Sulinggih se-Bangli, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Bangli, Ketua harian PHDI Bangli Nyoman Sukra, perwakilan lembaga tinggi agama,   pimpinan SKPD dilingkungan Pemkab Bangli dan undangan terkait lainnya.

Bupati Bangli Made Gianyar pada kesempatan itu menyampaikan, secara umum pelaksanaan hari raya nyepi di Kabupaten Bangli telah berjalan dengan tertib, aman dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Lebih lanjut Bupati Made Gianyar mengatakan, di era globalisasi seperti sekarang, pengaruh dari luar sangat dirasakan. Menurutnya, belakangan banyak kasus yang mengemuka narkoba masuk desa dan kasus bunuh diri cukup tinggi.  Untuk itu kepada para sulinggih dan pinandita diharapkan tidak henti hentinya mendoakan alam beserta isinya serta  memberikan tuntunan kepada umat sedharma khususnya generasi muda agar Ajeg Balidengan pondasi Ajaran Agama Hindu bisa terus dipertahankan. “Belakangan banyak kasus narkoba masuk desa dan angka bunuh diri cukup tinggi, oleh karenanya kita mohonkan kepada para sulinggih dan pinandita untuk tidak henti hentinya mendokan dan membentengi generasi muda dari pengarug negatif”harapnya.

Hal senada juga disampaikan Wabup Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, menurutnya permasalahan sosial yang belakangan sering terjadi tentu tidak lepas dari pengaruh globalisasi. Namun kata dia, globalisasi tidak selalu berdampak buruk, banyak hal positif juga bisa didapatkan asal kita pandai menyaring perkembangan ini. Lanjut dia, untuk membentengi generasi muda dari pengaruh negatif globalisasi diperlukan pondasi agama yang kuat, sehingga mereka bisa memilah mana yang baik dan mana yang salah. Oleh karenanya Dharma Shanti ini sangat penting dilaksanakan dalam upaya ngajegang sastra agama utamanya mengenai tata krama maupun sesantiagama hindu di Bali disamping meningkatkan paiketan dan kebersamaan diantara umat Hindu dengan menjalin silahturahmi diantara sulinggih dan pinandita di Kabupaten Bangli serta umat Hindu se-Dharma. “Kita berharap dengan pelaksanaan Dharma Santi ini, umat Hindu khususnya di Kabupaten Bangli mendapat tuntunan untuk menata kehidupannya sesuai dengan sastra dan ajaran agama Hindu”harapnya. Disela-sela acara Dharma Shanti berlangsung, Bupati Bangli I Made Gianyar dan Wabup Bangli Sang Nyoman Sedana Arta juga menyerahkan punia kepada 53 sulinggih dan 5 pinandita.ard


Komentar

Berita Terbaru

\