PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Jelang HUT Kota Gianyar ke-245, Penjor Merah Putih Hiasi Wajah Kota

Selasa, 22 Maret 2016

00:00 WITA

Gianyar

6986 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

ist

Gianyar, suaradewata.com- Seperti tahun-tahun sebelumnya, menyongsong HUT Kota Gianyar ke-245 tahun 2016  dilaksanakan lomba Penjor Merah Putih yang diikuti seluruh instasi di lingkungan Pemkab Gianyar. Penjor hias ini akan nyejer (dipasang) selama satu bulan, dari 1 April – 4 Mei 2016.

Rencananya pemasangan penjor akan mengambil  lokasi  depan kantor Bupati, depan Puri Gianyar dan lapangan Astina Gianyar. Sementara peserta lomba penjor merah putih  semua badan, dinas, instansi, bagian, kantor, unit, BUMD, camat se-Kabupaten Gianyar,  Kodim 1616 Gianyar, Yonzipur 18/YKR, Polres Gianyar,  Pengadilan Negeri Gianyar, Kejaksaan Negeri Gianyar. “Penilaian dilaksanakan mulai merakit sampai pemasangan penjor pada 1 April 2016 oleh tim penilai,’ terang  Ketua Seksi Lomba Penjor Merah Putih , I Gede Astawa saat rapat persiapan Lomba Penjor Merah Putih dihadiri para perwakilan peserta lomba penjor.

Berbeda dengan tahun sebelumnya dimana tinggi penjor mencapai 10 meter, kini diperkecil menjadi 7 meter dari atas tanah ditambah panjang tanam dengan garis tengah bambu penjor minimal 7 cm. Hal ini bertujuan agar tidak menyulitkan peserta membawa serta memasang penjor.

Persamaannya dari tahun sebelumnya, hiasan penjor seindah-indahnya sesuai kreasi peserta, keserasian, menggunakan bahan  atau sampian penjor dari bahan lontar, tidak dilengkapi dengan canang, pala bungkah, pala gantung, sanggah penjor dan rerasmen lainnya sesuai upacara. “Bahan penjor yang sudah jadi, dirakit di tempat yang telah ditentukan  panitia dan jumlah tim dalam satu peserta  sebanyak 4 – 10 orang. Unsur yang dinilai meliputi kreativitas, bentuk, estetika, kebersamaan dan bernuansa merah putih,” jelas Gede Astawa.

Pemenang lomba akan menerima trofi, piagam dan uang tunai. Untuk juara 1 berhak menerima Rp. 5 juta, juara 2 sebesar Rp. 4 juta, juara 3 sebesar Rp. 3 juta dan tiga penjor yang meraih juara harapan, masing-masing menerima  sebesar Rp. 1 juta.

Seperti diketahui, pemasangan penjor hias merah putih setiap  perhelatan HUT Kota Gianyar  menjadikan wajah Kota Gianyar semarak dan menjadi pemandangan menarik  pengguna jalan, bahkan tidak sedikit wisatawan yang mengabadikan lewat kamera. Penjor hias bernuansa merah putih ini juga mencerminkan Gianyar  sebagai daerah seni dan budaya.gus


Komentar

Berita Terbaru

\