PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Diterjang Air Hujan, Penyengker Pura Tamansari Ambrol

Selasa, 01 Maret 2016

00:00 WITA

Buleleng

4680 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata.com

Bangli, Suaradewata.com– Hujan deras yang melanda wilayah Bangli sejak beberapa hari terus memicu sejumlah bencana. Selain menyebabkan bencana tanah longsor dan pohon tumbang hingga menimbun ruas jalan, hujan deras juga menyebabkan tembok panyengker Pura Tamansari, Lingkungan Sidembunut Kelurahan Cempaga, ambrol.
 
Penyengker sepanjang 20 meter dan tinggi 6 meter ambrol diduga akibat terjangan air bah saat hujan terjadi yang mengalir dari jalan raya. Sebab, keberadaan Pura lebih rendah dibandingkan dengan jalan raya. Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangli I Wayan Agus Sutapa seizin Kalak BPBD I Wayan Karmawan menjelaskan mengakui robohnya penyengker tersebut karena besarnya debit air yang mengalir dari jalan raya. “Posisi pura lebih rendah dengan jalan, sehingga saat hujan, airnya mengalir ke sini,” ungkap Agus Sutapa saat meninjau musibah tersebut bersama Camat Bangli, Wayan Wardana, Selasa (01/3).  
 
Dampak dari terjangan air hujan tersebut, lanjut Agus Sutapa, lambat laun penyengker Pura menjadi terkikis hingga akhirnya roboh. “Ambrolnya penyengker Pura ini kejadiannya saat hujan beberapa waktu lalu,” ujarnya. Sementara dari penuturan sejumlah warga, diperkirakan penyengker ini roboh pada Senin (29/2) malam, saat hujan deras melanda wilayah ini. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun kerugian material ditaksir mencapai Rp 50 juta. ard


Komentar

Berita Terbaru

\