PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Ini Penyebab Terbakarnya Pasar Badung Denpasar

Selasa, 01 Maret 2016

00:00 WITA

Denpasar

5213 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata.com

Denpasar, suaradewata.com - Kepala Kedaruratan dan Logistik BPBD kota Denpasar Ida Bagus Yoga mengungkapkan pihaknya menduga penyebab terjadinya kebakaran adalah adanya konsleting instalasi gardu listrik yang berada di lantai 4. Seperti diketahui Pasar Badung memiliki 4 lantai bangunan.

"Untuk sementara penyebabnya diduga karena konsleting listrik di Lantai 4, itu instalasi listriknya setiap saat harus diupdte minimum 5 tahun sekali. Dan dapat dipastikan tidak ada korban jiwa, itu area 10 meter dari TKP harus zero pihak kepolisian sudah memasang police line, " ungkapnya ditemui di Pasar Badung, Selasa (01/03) pagi.

Pihaknya menerapkan strategi 3x24 jam bahwa TKP tidak boleh berubah. Selain itu, pihak Inafis polda Bali dan Polresta Denpasar sudah masuk ke lokasi untuk mengetahui penyebab terjadinya kebakaran.

Sementara Direktur PD Pasar Badung Denpasar Westra mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan berapa jumlah kerugian akibat peristiwa terbakarnya Pasar tradisonal terbesar di kota Denpasar ini. Dipastikan sekitar 1600 pedagang mengalami kerugian hingga milyaran rupiah akibat kebakaran hebat yang melanda pasar tersebut. Kebakaran kedua kalinya ini menurutnya juga yang terparah dibandingkan kebakaran pada tahun 2000 lalu.

"Lebih parah yang sekarang, indikatornya yaitu waktu pemulihan kalau tahun 2000 dibawah 12 jam yang sekarang  dari pukul 18.15 wita sore sampai sekarang 14 jam, dan ini bisa bertambah tapi tadi jam 6 pagi tadi kita sudah selesai pendinginan, jam 6 tadi ada dua titik yang belum selesai, sekarang kita masih proses pendinginan kemungkinan api masih bisa menyala," katanya ditemui di pasar Badung, Selasa (01/03) pagi.

Lanjutnya, hingga kini pihak BPBD masih menjaga terjadinya api membesar. Menurutnya kendala yang dihadapi oleh BPBD adalah dari material bahan yang terbakar seperti benda-benda bahan plastik.

"Material yang terbakar plastik, kain kalau kayu anyaman masih bisa dipadamkan, kalau ini kan lengket kena api gak langsung padam, untuk ukuran kios kira-kira 2 x 2,5 meter, kalau jumlah pedagang 1600 luasnya kurang lebih 90 are," tutupnya.ids


Komentar

Berita Terbaru

\