PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Pura Dalem Purwa Lumajang di Samsam Kembali Diteror Aksi Pencurian Pratima

Minggu, 15 September 2024

20:14 WITA

Tabanan

1537 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Tangkapan layar rekaman CCTV. (Istimewa)

Tabanan, suaradewata.com – Sebuah upaya pencurian kembali menyasar Pura Dalem Purwa Lumajang, yang berlokasi di Banjar Dinas Lumajang, Desa Samsam, Kecamatan Kerambitan, Tabanan. Peristiwa ini terjadi pada Minggu (15/9/2024) dini hari dan berhasil terekam kamera CCTV yang terpasang di area pura.

Dari rekaman CCTV, terlihat jelas pelaku yang mengenakan topi, dengan cepat masuk ke dalam gedong penyimpanan pratima. Pencuri tersebut memukul gembok pintu hingga terlepas, lalu berupaya mengakses benda-benda sakral yang disimpan di dalamnya. Namun, usahanya gagal karena tidak berhasil membawa barang apapun.

Menurut Bendesa Adat Lumajang, I Dewa Gede Eva Riana, upaya pencurian baru diketahui oleh warga setempat pada pagi harinya, sekitar pukul 08.00 WITA. Saat itu, warga yang hendak ngayah menjelang perayaan Hari Raya Galungan dan Kuningan melihat bahwa gembok di gedong pratima dalam kondisi rusak.

"Setelah dilakukan pengecekan, syukurnya kotak tempat menyimpan pratima masih terkunci dengan aman," ujar Gede Eva, Minggu (15/9/2024).

Lebih lanjut, ia menyatakan bahwa peristiwa ini semakin menimbulkan keresahan di tengah masyarakat, mengingat pencurian serupa pernah terjadi sekitar dua minggu sebelumnya. Dalam kejadian sebelumnya, pelaku mencuri amplifier dan juga merusak kamera CCTV yang ada.

 

“Kami sudah melaporkan kejadian ini ke pihak berwajib. Harapannya, pelaku bisa segera ditangkap karena ini sudah dua kali terjadi dalam waktu dekat," tutupnya.

Pihak kepolisian kini tengah menyelidiki kasus ini lebih lanjut untuk mengidentifikasi pelaku yang terekam dalam CCTV dan mencegah terulangnya kejadian serupa di masa mendatang. ayu/yok


Komentar

Berita Terbaru

\