PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Rugikan Yayasan Dyana Pura Bali Miliaran Rupiah, JPU Harus Profesional

Jumat, 16 Agustus 2024

10:49 WITA

Denpasar

1456 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Kasus dugaan penggelapan dana Yayasan Dyana Pura Bali dengan terdakwa I Gusti Ketut Mustika dan R Rulik Setyahadi. sumber foto : mot/SD

Denpasar, suaradewata.com- Kasus dugaan penggelapan dana Yayasan Dyana Pura Bali dengan terdakwa I Gusti Ketut Mustika dan R Rulik Setyahadi akan memasuki agenda tuntutan di Pengadilan Negeri Denpasar pada 22 Agustus 2024.

Keduanya didakwa dengan pasal 374 KUHP Jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP Jo pasal 64 ayat (1) KUHP dengan ancaman hukuman lima tahun penjara. Kuasa hukum Yayasan Dyana Pura Bali, Agus Tekom Baba Asa Korassa Sonbai berharap Jaksa Penuntut Umum (JPU) bisa bertindak secara profesional.

"Kami ini sebagai korban jangan sampai ditimpa tangga lagi. Kami berharap Jaksa menuntut para terdakwa secara profesional. Ancamannya 5 tahun," jelas Agus, Kamis 15 Agustus 2024.

Pihaknya juga berharap majelis hakim bisa memutuskan sidang kasus penggelapan dana Yayasan Dyana Pura dengan hati nurani.

"Uang itu uang milik jemaat yang ada di seluruh wilayah Bali. Saya harap Ketua PN Denpasar yang juga majelis hakim dapat memberikan keputusan yang adil," ujar Agus.

Dia menegaskan, akibat kasus penggelapan ini, Yayasan Dyana Pura mengalami kerugian hingga Rp 25,5 miliar. Tentu dana tersebut bukanlah dana yang sedikit, untuk itu Agus berharap majelis hakim dan JPU dapat konsisten mewakili rasa keadilan untuk yayasan keagamaan tersebut.

Seperti diketahui sidang kasus dugaan penggelapan dana Yayasan Dyana Pura terus bergulir di PN Denpasar. Audit investigasi telah dilakukan oleh akuntan publik I Wayan Ramantha yang telah mengantongi lisensi dari Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) dan International Federation of Accountans (IFAC).

Senada dengan Agus, kuasa hukum lainnya, Johny Riwoe menegaskan, dari hasil audit investigasi tersebut diketahui kerugian Yayasan Dyana Pura sebesar Rp 25,5 miliar. Hasil audit tersebut juga dipakai sebagai barang bukti dalam persidangan tersebut.

"Jelas pada pasal 51 dan 52 ayat 3 UU No 16 2001 Jo UU No 28 tahun 2004 tentang Yayasan, bahwa jika yayasan mengalami masalah hukum maka, pengurus dan pengawas harus bertanggung jawab," tegas Johny.

Apalagi buku besar atau jurnal keuangan Yayasan Dyana Pura yang harusnya dalam penguasaan kedua terdakwa saat menjabat hingga saat ini raib. "Kami menduga buku besar itu sengaja dihilangkan," tegas Johny.

Selain itu, dia juga menyesalkan keterangan para terdakwa di persidangan yang banyak mengaku tidak tahu ketika ditanya hakim dan JPU. Padahal, kedua terdakwa mengemban jabatan sentral sebagai ketua dan bendahara Yayasan Dyana Pura saat itu.mot/adn


Komentar

Berita Terbaru

\