PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Kerugian Tembus Rp 580 Juta, Pasca Kebakaran Pedagang Yadnya Bakal Dipindah

Selasa, 07 Maret 2017

00:00 WITA

Bangli

3379 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata

Bangli, suaradewata.com – Sesuai hasil pendataan terakhir, kerugian material pasca kebakaran yang memporak-porandakan belasan kios di lantai II Pasar Kidul Bangli mencapai Rp 580 juta.  Tindak lanjut dari itu, pengelola pasar berencana akan memindahkan para pedagang sarana upacaya yadnya tersebut, ke bagian timur pasar.  “Pendataan sedang kita lakukan. Makanya sekarang kita kumpulkan seluruh pedagang yang menjadi korban kebakaran,” ungkap Kepala Pasar Kidul, I Nengah Sabda Negara, Selasa (07/03/2017).  

Dijelaskan, dari hasil pendataan tersebut tercatat sebanyak 13 pedagang yang menjadi korban kebakaran. Kebanyakan memang para pedagang tidak bisa menyelamatkan barang dagangannya, lantaran musibah kebakaran terjadi pada dini hari saat kondisi pasar masih sepi.  “Dari pengakuan masing-masing korban, rata-rata kerugian yang diderita berkisar dari Rp 30 juta hingga Rp 50 juta dengan total kerugian sementara mencapai Rp 580 juta,” bebernya.

Lebih lanjut dalam pertemuan para pedagang dengan pihak pengelola pasar itu, disepakati untuk sementara para korban kebakaran akan dipindahkan ke bagian timur lantai II Pasar Kidul. “Saat ini areal kebakaran masih dipolice line untuk penyelidikan. Oleh karena itu, pedagang kita pindahkan ke bagian timur,” tegasya. Pihaknya juga mengaku, pasca kebakaran tersebut tidak terlalu banyak mengganggu  aktivitas jual beli di Pasar Kidul. “Secara umum aktivitas di jual beli masih berlangsung normal,” pungkasya.

Sebelumnya, Bupati Bangli I Made Gianyar didampingi Wabub Sang Nyoman Sedana Arta usai meninjau pasar Kidul pasca kebakaran, Senin (06/03/2017) memaparkan akan mempercepat penyelesaian pembangunan pasar Kidul Bangli. Bahkan ditargetkan, pembangunan harus sudah tuntas dilakukan pada akhir tahun 2017 dengan menggunakan anggaran APBD Perubahan 2017. Untuk itu, pembahasan APBD Perubahan juga bakal dipercepat.  “Sekarang semuanya harus serba cepat. Uang kita ada. APBD kita ada satu triliun, itu akan kita prioritaskan untuk perbaikan pasar Kidul dalam perubahan anggaran tahun ini. Pembangunan harus tuntas tahun ini,” tegasya.ard/aga


Komentar

Berita Terbaru

\