PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Perangi Pungli, Kadisperindag Warning Pengelola Pasar

Minggu, 26 Februari 2017

00:00 WITA

Bangli

3301 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata

Bangli, suaradewata.com - Perang terhadap pungutan liar ( Pungli) yang sedang digencarkan pemerintah melalui  tim sapu bersih (saber) pungli telah banyak membuat para oknum yang selama ini melakukan praktik tersebut ketar-ketir. Oleh karena itu, untuk mencegah tindak pidana tersebut tidak terus meluas, instansi pemerintah yang bersentuhan langsung dengan  pelayanan publik kini mulai melakukan  berbagai upaya pencegahan .

Salah satunya, seperti yang dilakukan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag ) Bangli. Sebagai sebuah instansi yang  membidangi masalah pasar yang rutin melakukan pungutan retribusi, Disperindag juga mulai melakukan warning dan menerapkan berbagai upaya pencegahan untuk menghindari terjadinya pungli. “Kita tidak ingin petugas kita sampai terjaring tim saber. Karena itu, kita telah sering mengingatkan  pengelola pasar  dalam melakukan pungutan retribusi harus mengacu pada aturan yang ada,” ungkap Kadisperindag Bangli, I Nengah  Sudibya, Minggu ( 26/2/2017).

Lanjut mantan Kabag Humas ini, sebagai bentuk keseriusan dalam  mencegah terjadinya praktek pungli, pihaknya telah  mengadakan pertemuan dengan para petugas  pengelola pasar. Dalam pertemuan itu, pihaknya terus menekankan agar dalam melakukan pungutan retribusi tidak ada petugas melakukan kecurangan. “Kita  mewanti- wanti petugas pungut untuk  tidak berbuat curang seperti menerima uang  tanpa memberikan karcis,” sebut Sudibya.

Terkait target retribusi, disampaikan, terjadi peningkatan. Dimana, tahun 2016 target yang dicanangkan  sebesar Rp 1.500.150.000 dan untuk tahun 2017 sebesar  Rp 1.998.888.368. Pihaknya optimis, target tersebut akan bisa dicapainya. Dia juga menambahkan untuk kegitan perbaikan  infrastruktur pasar, selain Pasar Kidul dan pasar di terminal Loka Carana ,  tahun ini juga dilakukan perbaikan  ruko di pasar Kayuambua dengan alokasi dana sebesar Rp 796.000.000 yang rencananya April  sudah mulai proses pengerjaan. “Sesuai rencana pembanguanannya sudah bisa rampung pada bulan Agustus   tahun ini,” pungkasnya.ard/aga


Komentar

Berita Terbaru

\