PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

Sempat Menanti Panjang, Tutik Melangkah Duduk di Senayan

Jumat, 24 Februari 2017

00:00 WITA

Buleleng

3950 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata

Buleleng, suaradewata.com - Politisi Demokrat asal Buleleng, Putu Tutik Kusuma Wardhani yang sebelumnya sempat "Di-PHP-Kan" kini resmi melangkah ke Kursi Senayan, Kamis (23/2/2017). Tutik yang juga istri dari Gede Dharma wijaya ini, dilantik melalui upacara pengambilan sumpah yang berlangsung di Ruang Rapat Paripurna Gedung Nusantara II DPR RI, Jakarta.

Sebelumnya, kekosongan 2 kursi DPR RI Dapil Bali yang merupakan jatah dari Partai Demokrat, kini sudah terisi 1 kursi. Tutik pun menjabat sebagai anggota DPR RI, menggantikan Jro Wacik yang sebelumnya tersangkut kasus hukum Korupsi.

Naiknya Tutik ke Senayan ini melalui Partai besutan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyoni itu, penatiannya memang cukup terlalu lama bahkan perlu waktu hampir 3 tahun lamanya, akibat Jro Wacik yang masih enggan melepaskan jabatan empuknya itu meski belum dilantik.

Sesuai UU No. 27 Tahun 2009 tentang MPR, DPD, DPR, dan DPRD (MD3), jika anggota DPR yang antarwaktu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 214 ayat (1) dan Pasal 215 ayat (1) digantikan oleh calon anggota DPR yang memperoleh suara terbanyak urutan berikutnya dalam daftar peringkat perolehan suara dari partai politik yang sama pada daerah pemilihan yang sama.

Maka, pasca Jro Wacik dan Putu Leong yang tersangkut kasus korupsi, posisi DPR RI Partai Demokrat Dapil Bali, diisi oleh Putu Tutik Kusuma Wardhani. Sebab, dalam Pileg 2014 lalu, Tutik menempati posisi ketiga dengan perolehan suara sebanyak 29.113 suara.

Sedangkan, Jro Wacik dengan perolehan suara 104.682 suara, diikuti Putu Sudiartana dengan perolehan suara 73.348 suara. Sehingga, dalam Pileg 2014, Tutik merupakan peraih suara terbanyak ketiga di internal caleg Demokrat Dapil Bali, dan berhak menggantikan posisi Jro Wacik yang tersangkut hukum.

"Suratnya kemarin saya terima dan sebelumnya ditelpon harus datang ke Jakarta untuk upacara pengambilan sumpah di Ruang Rapat Paripurna Gedung Nusantara II DPR RI. Ya, karena mekanisme seperti itu, jadi harus kami lalui sebagai politisi yang baik," ungkap Tutik.

Tutik mengaku, selama di DPR RI dirinya akan menyuarakan aspirasi masyarakat Bali. Sebab, selama ini dua kursi DPR RI jatah Bali, sempat lowong. "Saya akan perjuangkan aspirasi masyarakat Balu," jelas Tutik.

Dengan dilantiknya Tutik Kusuma Wardhani, sebagai Anggota DPR RI hingga 2019 nanti, menandakan sudah ada tiga orang yang duduk sebagai anggota DPR RI setelah Wayan Koster dari PDIP dan Gede Sumarjaya Linggih dari Golkar.rik/adi/aga


Komentar

Berita Terbaru

\