PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

Jalan Anyelir I, Nomor 4A, Desa Dauh Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali

Call:0361-8311174

info@suaradewata.com

WARGAS Buleleng Ingatkan Seks Bebas Pemicu Penularan HIV/AIDS

Senin, 26 September 2016

00:00 WITA

Buleleng

3869 Pengunjung

PT Suara Dewata Media - Suara dari Pulau Dewata

suaradewata

Buleleng, suaradewata.com –Bahaya seks bebas atau yang dikenal dengan istilah asing “freesex” merupakan cikal bakal penularan HIV/AIDS. Hal tersebut disampaikan anggota WARGA’S (Waria dan Gay Singaraja),  Bunda Sisca, dalam kegiatan penyuluhan kesehatan yang menggandeng Yayasan Gaya Dewata Denpasar di Puskesmas Buleleng I, Senin (26/9).

Dalam kegiatan yang mengajarkan pola hidup sehat dan sosialisasi bahaya seks bebas tersebut melibatkan kaum remaja pria dan anggota WARGA’S yang ada di kawasan bumi Panji Sakti.

Menurut Sisca, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam dua sesi yang berbeda. Sesi pertama penyuluhan bagi kaum remaja pria produktif yang dilanjutkan dengan tes VCT (Voluntary Conselling Test). Pemeriksaan darah pun turut dilakukan untuk mengetahui kesehatan peserta dari ancaman HIV/AIDS.

“Para remaja itu perlu diberi penyuluhan terutama tentang IMS dan HIV. Lebih baik mencegah sedini mungkin daripada setelah terkena baru berobat,” ujar Bunda Sisca.

Dari 20 orang peserta remaja putra yang mengikuti kegiatan, sebanyak 15 orang bersedia melakukan tes darah untuk mengetahui kondisi kesehatannya.

Sisca pun mengatakan bahwa pengambilan darah tersebut dilakukan secara sukarela tanpa ada unsur paksaan kepada peserta.  Sehingga, bagi yang tidak siap maka tidak akan pernah dipaksakan untuk diperiksa darah.

Kegiatan tersebut turut melibatkan mahasiswa dari akademi kebidanan Singaraja serta dua orang bidan andalan di Puskesmas Buleleng I yakni Bidan Luh Padmini dan Bidan Juliasari. adi/ari


Komentar

Berita Terbaru

\